Pengaruh Pandemi COVID-19 pada Kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir

Pengaruh Pandemi COVID-19 pada Kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir

Pengantar Mingguan

Pandemi COVID-19 berdampak pada sistem perawatan kesehatan, struktur masyarakat, dan ekonomi dunia. Efek buruk pandemi COVID-19 pada kesehatan ibu dan bayi baru lahir tidak terbatas pada morbiditas dan mortalitas yang disebabkan secara langsung oleh penyakit itu sendiri. Karantina wilayah secara nasional, gangguan layanan perawatan kesehatan, dan ketakutan mendatangi fasilitas perawatan kesehatan mungkin juga memengaruhi kesejahteraan ibu hamil dan bayinya.

Dampak yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 telah menyebabkan kematian ibu dan bayi meningkat di berbagai negara. Pembuat kebijakan dan pemimpin layanan kesehatan harus segera menyusun strategi yang kuat untuk memastikan perawatan bersalin yang aman, bahkan selama keadaan darurat pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung.

Tindakan segera diperlukan untuk menghindari mundurnya investasi puluhan tahun dalam mengurangi kematian ibu dan bayi. Artikel ini telah dipublikasikan pada Juni 2021 di The Lancet Global Health, selengkapnya di https://www.thelancet.com/journals/langlo/article/PIIS2214-109X(21)00079-6/fulltext