PKMK FK-KMK UGM telah berupaya untuk mengembangkan inisiatif Perencanaan Berbasis Bukti melalui pendekatan web-based learning. Upaya tersebut diwujudkan dalam penerbitan modul pembelajaran online melalui website www.kesehatan-ibuanak.net. PKMK FK-KMK UGM berperan sebagai pendamping dan konsultan bagi tim perencana kesehatan dalam mengadopsi pendekatan Perencanaan Berbasis Bukti di Indonesia.

Modul yang telah disusun ini dapat digunakan sebagai panduan bagi tim perencana kesehatan dalam melaksanakan lokakarya perencanaan berbasis bukti sektor KIA di tingkat Kabupaten. Materi yang diberikan merupakan hasil adaptasi dari dokumen "Facilitator's Toolkit for StakeholdersWorkshops for Analysis of Health Systems Constraints (Bottlenecks) and Strategies" yang telah disusun oleh University of Queensland, Australia.

Modul online yang ada secara rinci akan menguraikan tahap pelaksanaan Perencanaan Berbasis Bukti Sektor KIA. Pembaca dapat mengklik masing-masing kotak untuk melihat uraian masing-masing tahap implementasi PBB.

SELENGKAPNYA KLIK DISINI

Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan ibu dan anak adalah menyusun Manual Rujukan Maternal dan Neonatal (MRMN). MRMN merupakan sinergi dalam sistem rujukan, mencakup manajemen/program, pelayanan klinis, pembiayaan, informasi, dan transportasi. Beberapa kabupaten/kota seperti Papua, Kalimantan, dan Yogyakarta telah mempunyai MRMN, MRMN yang ada disusun atas hasil kerjasama dengan Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK - KMK Universitas Gadjah Mada. 

Indonesia merupakan salah satu negara yang masih memisahkan urusan kesehatan dengan keluarga berencana. Akibatnya, pemrograman, perencanaan, dan penganggaran kegiatannya menjadi terpisah sehingga kurang efektif dan efisien. Hal tersebut diperparah dengan keterbatasan kapasitas pengelola program dalam menyusun perencanaan dan penganggaran berbasis bukti. Upaya untuk meningkatkan kualitas dan integrasi perencanaan dan penganggaran Kesehatan Ibu dan KB Berbasis Hak menjadi alternatif solusi.

Kantor

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK)
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada

Gd. IKM Baru Lt. 2, Sayap Utara
Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp: (+62274) 549425 | Email: unitpublikasi@gmail.com

Website Terkait

mrsmpkkmrsbencanamjkmjkmjkdeskes rural  aids2