Studi ini menguji pengetahuan, persepsi dan manajemen preeklampsia di antara penyedia layanan kesehatan di rumah sakit bersalin utama di Lagos, Nigeria Barat Daya. Kesenjangan dalam pengetahuan tentang penyebab, diagnosa, dan perawatan preeklampsia mungkin disebabkan oleh kurangnya pelatihan penyegaran dan tidak adanya pedoman praktik tertulis tentang manajemen pra eklampsia. Penyedia layanan kesehatan di rumah sakit ini dapat mengambil manfaat dari kursus pelatihan yang mencakup manajemen pre eklampsia yang disetujui secara nasional dan internasional. Artikel ini diterbitkan di International Journal of MCH and AIDS pada 2019.

Stunting merupakan kondisi dimana tinggi badan tidak sesuai dengan usia. Hal ini dapat menyebabkan perkembangan otak tidak opimal sehingga berpengaruh pada perkembangan kognitif dan performance anak di sekolah, serta kemampuan belajar, yang selanjutnya berpengaruh pada prestasi belajar anak di sekolah. Hasil RIset Kesehatan Dasar mengenai prevalensi anak stunting usia 5 - 18 tahun di Indonesia pada 2013 menyatakan pada anak laki - laki, prevalensi pendek tertinggi di umur 13 tahun (40,2%) sedangkan pada anak perempuan di umur 11 tahun (35,8%).

Negara - negara berkembang menghadapi banyak kesulitan karena kenaikan populasi. Tingkat kesuburan tinggi telah menimbulkan peningkatan risiko kesehatan bagi kesehatan ibu dan anak, yang mengakibatkan kualitas hidup yang buruk. Menurut WHO, sekitar 225 juta wanita di negara berkembang ingin membatasi kelahiran anak tetapi tidak dapat melakukannya karena kebutuhan yang tidak terpenuhi, kurangnya sumber daya, akses terbatas ke layanan keluarga berencana (KB), kepercayaan agama, dan buta huruf. KB dapat memainkan peran penting dalam menstabilkan masalah di negara-negara berkembang.

Tujuan tinjauan literatur ini untuk mengeksplorasi dan mensintesis artikel tentang pendidikan, kemiskinan, dan sumber daya layanan KB di negara berpenghasilan rendah dan menengah. Artikel ini dipublikasikan pada Maret 2018.

Kantor

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK)
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada

Jl. Medika - depan LPPT UGM, Senolowo, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Telp: (+62274) 549425 | Email: unitpublikasi@gmail.com

LIHAT DIPETA >

Website Terkait

mrsmpkkmrsbencanamjkmjkmjkdeskes rural  aids2