Hipertensi pada kehamilan merupakan hal yang penting karena morbiditas yang tinggi, disabilitas jangka panjang dan menyebabkan kematian cukup sering baik untuk ibu maupun bayi. Di Afrika dan Asia, setidaknya 1 dari 10 kematian maternal berkaitan dengan hipertensi pada ibu hamil, di Amerika Latin seperempat kematian ibu disebabkan oleh hipertensi

Dari hipertensi yang menjadi komplikasi dari kehamilan, preeklampsia dan eklampsia adalah penyebab tingginya mortalitas dan morbiditas tertinggi. Padahal pre eklampsia dan eklampsia merupakan penyakit yang dapat dicegah. Dengan menggunakan guideline ini, WHO telah mengembangkan rekomendasi terkini untuk pencegahan dan tatalaksana pre - eklampsia dan eklampsia. Rekomendasi final lalu diformulasikan dan diterima oleh kelompok ahli internasional yang berpartisipasi pada WHO Technical Consultation on the Prevention and Treatment of Pre-eclampsia and Eclampsia yang diselenggarakan di Geneva, Swiss.  Secara total, WHO membuat 23 rekomendai. Setiap bukti yang mendukung dikelompokkan menjadi sangat rendah, rendah, sedang dan tinggi (very low, low, moderate or high).

Gadget atau gawai sudah menjadi bagian dari hidup kita baik anak-anak maupun orang dewasa. Dalam beberapa hal, gadget memang memberikan manfaat kemudahan bagi kehidupan kita. Namun penggunaan gadget  yang terlalu lama akan berpengaruh pada kesehatan mata. Layar gadget yang menggunakan tulisan kecil akan memunculkan gejala computer vision syndrome. Lebih dari 90%pengguna komputer dalam waktu lama mengalami mata lelah, penglihatan buram, penglihatan ganda, pusing dan mata kering. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas penglihatan siswa-siswi Sekolah Dasar yang menggunakan gadget dalam jangka waktu yang lama.

Anak merupakan aset berharga suatu bangsa. Kualitas anak yang baik dapat dicapai dengan memastikan bahwa proses tumbuh kembang anak juga baik. Menurut Kemenkes RI (2010) masa anak - anak merupakan masa keemasan, jendela kesempatan dan masa kritis bagi perkembangan otak. Namun pertumbuhan dan perkembangan otak yang optimal membutuhkan lingkungan yang dapat menstimulasi, nutrisi yang cukup dan interaksi sosial yang diberikan dengan penuh perhatian (UNICEF, 2013)

Kantor

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK)
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada

Gd. IKM Baru Lt. 2, Sayap Utara
Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp: (+62274) 549425 | Email: unitpublikasi@gmail.com

Website Terkait

mrsmpkkmrsbencanamjkmjkmjkdeskes rural  aids2