Dampak Pandemi COVID-19 pada Kesehatan Ibu dan Perinatal

Dampak Pandemi COVID-19 pada Kesehatan Ibu dan Perinatal

Artikel Mingguan

Pandemi COVID-19 memengaruhi kesehatan ibu baik secara langsung maupun tidak langsung. Pandemi yang sedang berlangsung berdampak terhadap kebijakan pengendalian pandemi dan infrastruktur perawatan kesehatan, masyarakat, dan ekonomi global yang dapat memengaruhi kesehatan ibu.

Wanita hamil dan ibu baru adalah populasi yang unik, dengan kebutuhan perawatan kesehatan mental dan fisik tertentu yang juga sangat rentan terhadap masalah seperti kekerasan dalam rumah tangga.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mensintesis literatur yang ada saat ini tentang konsekuensi tertular langsung COVID-19 selama kehamilan dan konsekuensi tidak langsung dari pandemi untuk ibu dan ibu hamil.

Banyak konsekuensi sosial dan ekonomi dari krisis COVID-19 kemungkinan lebih memengaruhi wanita daripada pria. Risiko rendah penularan dari ibu ke anak di dalam rahim atau melalui ASI didokumentasikan dengan baik dalam literatur yang disintesis.

Kehamilan merupakan periode yang sangat rentan untuk COVID-19, peningkatan risiko stres dan masalah kejiwaan selama kehamilan dan pascapersalinan selama pandemi sangat mungkin terjadi.

Artikel ini telah dipublikasikan pada Januari 2021 di BMC Reproductive Health, selengkapnya  https://reproductive-health-journal.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12978-021-01070-6