Hubungan Antara Temperamen dan Karakter Ibu dengan Perilaku Anak Pada Usia 3 tahun

Artikel Mingguan

Perkembangan anak ternyata dipengaruhi oleh perilaku orang tua dan lingkungan keluarga. Keadaan dan gangguan mental orang tua berdampak pada perilaku anak dan perkembangan psikopatologi anak. Faktor intrinsik orang tua seperti kepribadian dan temperamen orang tua menjadi perhatian untuk memahami perkembangan disfungsional pada anak.

Beberapa penelitian yang meneliti hubungan antara temperamen orang tua dan psikopatologi anak menemukan adanya hubungan positif antara sikap protektif orang tua dan gangguan hiperaktif defisit perhatian anak (ADHD), neuroticism orang tua yang tinggi berhubungan dengan kesadaran yang rendah terkait dengan perilaku antisosial anak.

Kepribadian orang tua juga telah ditemukan mempengaruhi gaya pengasuhan, sehingga gaya pengasuhan dapat memediasi hubungan antara kepribadian orang tua dan psikopatologi anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki dampak temperamen dan karakter ibu pada masalah eksternalisasi dan internalisasi anak pada usia 3 tahun berdasarkan data kohort dari 1700 kelompok ibu dan anak di Swedia.

Artikel ini telah dipublikasikan pada Mei 2021 di BMC Child and Adolescent Psychiatry and Mental Health, selengkapnya https://capmh.biomedcentral.com/articles/10.1186/s13034-021-00375-5