Pengaruh Kecemasan Ayah Terhadap Ikatan Ibu-Bayi di Ruang Perawatan Intensif Neonatal

Pengaruh Kecemasan Ayah Terhadap Ikatan Ibu-Bayi di Ruang Perawatan Intensif Neonatal

Artikel Mingguan

Tren global menunjukkan bahwa perawatan berpusat pada keluarga mulai meningkat seperti kehadiran orang tua di unit perawatan intensif neonatal (NICU). Pada saat yang sama, pemahaman yang lebih mendalam mengenai pengalaman bayi dan orang tua dalam perawatan di NICU termasuk stres dan tantangan kesehatan mental lainnya seperti depresi atau kecemasan juga meningkat. Meskipun sebagian besar penelitian mengenai kesehatan mental orang tua di NICU berfokus pada ibu, namun dalam beberapa tahun terakhir pengalaman ayah juga mulai diteliti.

Pengalaman dalam merawat bayi di NICU dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental pada orang tua, namun tidak banyak yang diketahui bagaimana kecemasan ayah dapat mempengaruhi hubungan ibu-bayi. Penelitian menunjukkan bahwa ayah menghadapi tantangan kesehatan mental yang sama dengan ibu, meskipun ibu pada umumnya menghadapi tingkat stres, kecemasan, dan depresi yang lebih tinggi dibandingkan ayah.

Sebuah meta-analisis baru-baru ini menyimpulkan bahwa ayah yang lebih muda (< 30 tahun), atau ayah dari bayi prematur rentan terhadap tingkat stres yang lebih tinggi di NICU. Namun, perbedaan tingkat stres pada ayah dan ibu mungkin juga disebabkan oleh ekspektasi yang berbeda mengenai peran gender dan tanggung jawab pengasuhan.

Artikel ini telah dipublikasikan pada Januari 2024 di BMC Pregnancy and Childbirth, selengkapnya https://bmcpregnancychildbirth.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12884-023-06179-z