Beban Ganda Malnutrisi dan Pola Makan di Pedesaan Jawa Tengah, Indonesia

Beban Ganda Malnutrisi dan Pola Makan di Pedesaan Jawa Tengah, Indonesia

Pengantar Mingguan

Indonesia sedang mengalami transisi gizi (nutrition transition/ NT) yang terdiri dari meningkatnya angka kegemukan/obesitas dan konsumsi makanan/jajanan tinggi lemak namun masih dilanda gizi buruk sehingga menimbulkan beban ganda gizi buruk. Artikel ini merupakan sedikit penelitian yang berkaitan dengan beban ganda malnutrisi dan hubungannya dengan pola makan di pedesaan Indonesia menggunakan data tingkat desa primer.

Temuan peneliti menunjukkan bahwa sementara pola khas beban ganda malnutrisi (anak kerdil/dewasa kelebihan berat badan) ada di pedesaan Jawa Tengah, pola makanan yang menunjukkan NT lebih dominan diantara anak – anak, bukan orang dewasa.

Kegemukan di kalangan orang dewasa mungkin tidak selalu disebabkan oleh pola makan yang menunjukkan NT, dan intervensi gizi di pedesaan Jawa Tengah harus fokus pada mendidik orang tua dari anak-anak kecil tentang risiko kesehatan dari pola makan yang terkait dengan NT. Artikel ini dipublikasikan pada Juli 2021, di The Lancet Regional Health, Selengkapnya https://www.thelancet.com/journals/lanwpc/article/PIIS2666-6065(21)00114-0/fulltext