Dampak Diabetes Mellitus Gestasional pada Durasi Menyusui pada Wanita Primipara: studi kohort observasional

Dampak Diabetes Mellitus Gestasional pada Durasi Menyusui pada Wanita Primipara: studi kohort observasional

Pengantar Mingguan

Diabetes gestational adalah kelainan metabolik yang umum terjadi pada kehamilan dan secara global, prevalensinya diperkirakan mencapai 13% pada 2019. Diabetes gestational meningkatkan risiko gangguan metabolisme dan jantung di kemudian hari, baik untuk ibu dan bayi. Menyusui telah dilaporkan mampu menurunkan risiko ibu untuk kanker ovarium dan diabetes tipe 2 dan risiko bayi untuk kelebihan berat badan atau obesitas dan diabetes tipe 2.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi apakah diabetes gestational berpengaruh terhadap lama menyusui, dan selanjutnya untuk mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi lamanya menyusui pada wanita primipara. Penelitian ini merupakan suatu penelitian kohort observasional yang menggunakan data rekam medis wanita yang melahirkan anak tunggal yang masih hidup antara tanggal 1 Januari 2009 sampai dengan 31 Desember 2015, dan tersedia data tentang menyusui sampai berusia 2 tahun.

Artikel ini telah dipublikasikan pada Februari 2021 di International Breastfeeding Journal, selengkapnya https://internationalbreastfeedingjournal.biomedcentral.com/articles/10.1186/s13006-021-00369-1