Auto Draft

Pengalaman Spiritualitas Selama Hamil dan Melahirkan Pada Wanita Muslim Indonesia

Pengantar Mingguan

Penelitian ini dilakukan untuk memahami pengalaman spiritualitas dalam kehamilan dan persalinan dari perspektif wanita Muslim Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain dan analisis deskriptif kualitatif untuk menggali makna dan pengalaman spiritualitas dalam kehamilan. Tujuh wanita Muslim Indonesia yang memiliki bayi di bawah usia satu tahun berpartisipasi dalam penelitian ini.

Studi ini menemukan 5 tema yang berkaitan dengan pengalaman spiritualitas perempuan Muslim selama hamil: (1) Ketundukan kepada Tuhan memudahkan ibu untuk menjalani kehamilan dan persalinan; (2) Pemaknaan melalui cerita spiritual meningkatkan kepercayaan diri, motivasi, dan ketekunan selama kehamilan dan persalinan; (3) Mengingat Tuhan adalah cara pengendalian diri, mengatasi kecemasan dan sakit persalinan; (4) Iman dalam pertolongan Tuhan meningkatkan kepercayaan diri selama persalinan dan melahirkan; dan (5) Iman dan hubungan dekat dengan Tuhan dapat mengatasi tantangan kehamilan dan persalinan.

Spiritualitas sangat mempengaruhi perilaku wanita muslimah Indonesia dalam merawat kehamilannya. Studi ini menawarkan wawasan tentang pengalaman perempuan Muslim Indonesia dalam menjalani nilai-nilai spiritual mereka selama kehamilan dan persalinan. Perawat harus peka terhadap spiritualitas wanita dan mengintegrasikan elemen ini dalam memberikan asuhan keperawatan ibu.

Artikel ini dipublikasikan pada 2019 di jurnal Science Direct, selengkapnya https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1130862119301937