Penilaian Kebutuhan, Keinginan dan Pilihan Perempuan mengenai Panduan Interprofesional mengenai Nutrisi pada Kehamilan

Artikel Mingguan

Perjalanan kehamilan seorang perempuan secara signifikan mempengaruhi kesehatan ibu dan anak dalam jangka pendek dan panjang. Hal ini memerlukan fokus pada promosi gaya hidup sehat pada perempuan hamil dan menjadikan literasi kesehatan, nutrisi dan pilihan gaya hidup sebagai faktor penting dalam kehamilan. Pemahaman terhadap informasi kesehatan dan interaksi dengan tenaga kesehatan berhubungan dengan perilaku kesehatan yang bermanfaat serta peningkatan status kesehatan selama kehamilan, sehingga keterlibatan erat antara tenaga kesehatan prenatal dan perempuan hamil menjadi penting dalam meningkatkan kesehatan ibu dan anak. Sejauh ini, hanya sedikit penelitian yang menyelidiki perspektif perempuan terhadap informasi gizi selama kehamilan.

Meskipun begitu, terdapat penelitian yang meneliti peran bidan dalam memberikan nasihat gizi, dan pendapat ibu hamil tentang integrasi konseling gizi dalam perawatan prenatal. Oleh karena itu, diperlukan panduan tenaga kesehatan untuk memberikan pemahaman mengenai nutrisi kehamilan yang tepat. Selain itu, informasi yang diberikan harus disesuaikan dengan kebutuhan, keinginan dan preferensi perempuan hamil akan meningkatkan pelayanan pranatal melalui pendekatan yang lebih personal.

Artikel ini telah dipublikasikan pada Februari 2024 di BMC Pregnancy and Childbirth, selengkapnya https://bmcpregnancychildbirth.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12884-024-06351-z