Reportase Pelatihan Bagi Pelatih Pencegahan dan Tata Laksana Gizi Buruk pada Balita

Reportase

PKMK FK-KMK UGM – Pada 30 Oktober hingga 6 November 2023, Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Universitas Gadjah Mada (PKMK UGM) bekerja sama dengan UNICEF Indonesia menyelenggarakan pelatihan terakreditasi “Pencegahan dan Tata Laksana Gizi Buruk pada Balita”. Kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan peserta yang mampu melatih pada pelatihan  Pencegahan dan Tata Laksana Gizi Buruk pada Balita sesuai pedoman yang ditetapkan.

Kegiatan dilaksanakan di Balai Pelatihan Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (BAPELKES DIY), pelatihan luring ini diikuti oleh 23 peserta yang merupakan perwakilan tenaga kesehatan, akademisi, dan organisasi profesi dari Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, UNICEF Indonesia, Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dan BAPELKES DIY.

Pembelajaran menggunakan pedoman kurikulum dan modul pelatihan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Pelatihan ini mengacu pada kurikulum Pelatihan Bagi Pelatih Pencegahan dan Tata Laksana Gizi Buruk Pada Balita tahun 2023 yang memuat 60 JPL. Kurikulum ini selanjutnya digunakan sebagai acuan tertulis dan resmi bagi narasumber/fasilitator dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran serta sebagai petunjuk bagi peserta pelatihan dalam mengikuti pelatihan.

Proses pembelajaran tersebut meliputi building learning commitment, pemberian wawasan, pembekalan pengetahuan dan keterampilan mengenai penemuan, pencegahan dan tata laksana gizi buruk pada balita, praktik lapangan dan microteaching, rencana tindak lanjut, dan evaluasi. Seluruh proses pembelajaran berlangsung lancar dan di akhir rangkaian kegiatan, dinyatakan sebanyak 23 peserta (100%) telah lolos memenuhi penilaian sebagai pelatih Pencegahan dan Tata Laksana Gizi Buruk pada Balita.

Reporter: Mashita Inayah, S.Gz (PKMK UGM)