Reportase Pelatihan End User Pencegahan dan Tata Laksana Gizi Buruk pada Balita

Reportase

PKMK UGM-Malang.  Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Universitas Gadjah Mada (PKMK UGM) bekerja sama dengan UNICEF Indonesia menyelenggarakan pelatihan terakreditasi “Pencegahan dan Tata Laksana Gizi Buruk pada Balita”. Kegiatan ini dilaksanakan pada 26 Februari hingga 2 Maret 2024 di UPT Pelatihan Kesehatan Masyarakat Murnajati Lawang, Malang dengan tujuan untuk menyiapkan tenaga kesehatan yang mampu melaksanakan Pencegahan dan Tata Laksana Gizi Buruk pada Balita sesuai pedoman yang ditetapkan.

Pelatihan luring ini diikuti sebanyak 24 peserta yang merupakan perwakilan tenaga kesehatan (dokter umum, nutrisionis, perawat/bidan) puskesmas dari 8 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Banyuwangi, dan Kota Probolinggo. Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari akademisi dan praktisi (dokter spesialis anak dan dokter umum) yang telah memperoleh sertifikat pelatih Pencegahan dan Tata Laksana Gizi Buruk pada Balita.

Pelatihan ini menggunakan kurikulum Pelatihan Pencegahan dan Tata Laksana Gizi Buruk Pada Balita yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan tahun 2020 yang berisi 48 JPL sebagai acuan tertulis dan resmi bagi peserta pelatihan.

Proses pembelajaran dilakukan secara klasikal terdiri dari beberapa kegiatan meliputi building learning commitment, pembekalan pengetahuan dan keterampilan mengenai deteksi dini, pencegahan dan tata laksana gizi buruk pada balita baik di rawat jalan maupun rawat inap, praktik lapangan, studi kasus, rencana tindak lanjut, dan evaluasi. Proses pembelajaran dari awal hingga akhir berlangsung lancar dan 24 peserta (100%) dinyatakan telah lolos memenuhi penilaian mampu melaksanakan Pencegahan dan Tata Laksana Gizi Buruk pada Balita.

Reporter: Mashita Inayah (PKMK UGM