Hasil Peripartum Terkait Dengan Vaksinasi COVID-19 Selama Kehamilan

Hasil Peripartum Terkait Dengan Vaksinasi COVID-19 Selama Kehamilan

Artikel Mingguan

Infeksi SARS-CoV-2 selama kehamilan dikaitkan dengan peningkatan risiko morbiditas ibu dan hasil perinatal yang merugikan, seperti rawat inap, masuk unit perawatan intensif, dan kematian. Infeksi COVID-19 pada kehamilan dapat mengakibatkan neonatus lahir prematur, lahir mati, dan meningkatkan morbiditas neonatal atau perinatal. Risiko dan manfaat vaksinasi COVID-19 selama kehamilan sedang diselidiki.

Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengevaluasi hubungan antara vaksinasi COVID-19 selama kehamilan dan hasil peripartum. Artikel ini merupakan sebuah artikel systematic review dan meta analisis. Hasil dari penelitian ini  ditemukan bahwa vaksinasi COVID-19 selama kehamilan tidak dikaitkan dengan peningkatan risiko hasil peripartum yang dikaitkan dengan penurunan risiko masuk NICU, IFD, dan infeksi SARS-CoV-2 ibu. Oleh karena itu, vaksinasi COVID-19 harus dianjurkan untuk orang hamil.

Artikel ini telah dipublikasikan pada Oktober 2022 di Jama Pediatrics, selengkapnya https://jamanetwork.com/journals/jamapediatrics/fullarticle/2796976?widget=personalizedcontent&previousarticle=2798999