Auto Draft

Manfaat, Tantangan, dan Dampak Mengakses Sosial Media untuk Mendukung Kegiatan Menyusui

Artikel Mingguan

Dukungan menyusui merupakan komponen kunci dalam meningkatkan tingkat menyusui. Munculnya teknologi baru dan pandemi COVID-19, membuat dukungan media sosial untuk menyusui menjadi semakin popular. Hal ini penting untuk memahami bagaimana dan mengapa ibu mengakses dan mengoptimalkan layanan tersebut. Tinjauan sistematis ini bertujuan untuk memahami dampak dukungan sosial media untuk menyusui, termasuk manfaat dan tantangan. Artikel yang akan diteliti harus memenuhi syarat seperti diterbitkan dalam bahasa Inggris dan berfokus pada penggunaan sosial media untuk mendukung kegiatan menyusui. Dari 327 artikel yang sesuai, terdapat 13 artikel yang ditinjau lebih lanjut.

Enam tema yang diidentifikasi terdapat pada artikel adalah: konteks menyusui, termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan perempuan; dampak menjadi bagian dari komunitas online; peningkatan efikasi diri; kritik terhadap sosial media; sifat dan jenis dukungan yang biasa dicari dan diterima; dan durasi menyusui sebagai hasilnya. Hasil penelitian ini mengkonfirmasi bahwa ibu menghargai dukungan masyarakat melalui sosial media yang menormalkan menyusui dan memberikan dukungan pada ibu yang akan dan sedang menyusui. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya penelitian lebih lanjut untuk memahami bagaimana tenaga kesehatan dan layanan yang lebih luas dapat memanfaatkan sosial media untuk lebih mendukung perempuan dalam menyusui.

Artikel ini telah dipublikasikan pada Oktober 2022 di Maternal and Child Nutrition, selengkapnya https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC9480914/