Hubungan Antara Tekanan Psikologis Serius dan Kesepian Selama Pandemi COVID-19 pada Wanita Hamil

Hubungan Antara Tekanan Psikologis Serius dan Kesepian Selama Pandemi COVID-19 pada Wanita Hamil

Pengantar Mingguan

Pandemi COVID-19 telah menyebabkan stres yang signifikan bagi banyak orang termasuk wanita hamil. Pembatasan aktivitas sosial untuk mengurangi penyebaran COVID-19 juga telah mengurangi interaksi sosial, yang meningkatkan isolasi sosial dan kesepian. Kesepian dianggap meningkatkan stres yang menyebabkan tekanan psikologis dan meningkatkan risiko penyakit mental seperti depresi. Penelitian ini meneliti hubungan antara tekanan psikologis serius dan kesepian selama pandemi COVID-19 pada wanita hamil di Jepang. Survei dilakukan terhadap 1022 wanita hamil di Jepang antara 1 Juni hingga 21 Juli 2021 secara daring.

Wanita hamil di Jepang menunjukkan prevalensi tekanan psikologis serius yang tinggi. Hal ini berkaitan dengan usia muda, pengangguran, riwayat aborsi atau keguguran, ketakutan akan COVID-19, dan kesepian secara independen terkait dengan tekanan psikologis. Dokter dan petugas kesehatan harus memberikan perhatian khusus pada kesehatan psikologis ibu hamil selama pandemi COVID-19.

Artikel ini telah dipublikasikan pada November 2021 di International Journal of Women’s Health, selengkapnya Klik Disini