Kesehatan Ibu, Neonatal, dan Anak Penting Untuk Memenuhi SDG 3.4

Kesehatan Ibu, Neonatal, dan Anak Penting Untuk Memenuhi SDG 3.4

Pengantar Mingguan

Data hitung mundur penyakit tidak menular (NCD )1 menunjukkan berapa banyak negara yang tidak akan memenuhi target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 3.4 untuk mengurangi kematian NCD hingga sepertiganya pada 2030 dan meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan (SDG 3.4).

Peneliti terkejut kolaborator NCD Countdown 2030 tidak menyebutkan pentingnya kesehatan ibu, neonatal, dan anak (MNCH) dalam mengurangi NCD. Prematuritas, hambatan pertumbuhan intrauterin, dan lahir dari ibu yang kelebihan berat badan atau diabetes sekarang menjadi ciri khas sekitar 50% dari semua kelahiran.

Anak – anak ini adalah kontributor utama untuk peningkatan populasi prevalensi NCD karena mereka memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mengembangkan hipertensi, diabetes, gangguan ginjal kronis, penyakit jantung, dan kondisi lain2. Seorang wanita yang lahir prematur lebih mungkin melahirkan anak prematur, dan putri dari ibu yang mengalami obesitas lebih cenderung menjadi obesitas.

Oleh karena itu, transmisi antargenerasi memperkuat masalah tersebut. Artikel ini dipublikasikan pada Oktober 2020 di jurnal The Lancet. Selengkapnya https://www.thelancet.com/journals/lancet/article/PIIS0140-6736(20)32222-4/fulltext