Beban Kanker Anak: Tinjauan Perkiraan Global

Beban Kanker Anak: Tinjauan Perkiraan Global

Pengantar Mingguan

Kelangsungan hidup bersih 5 tahun anak – anak dan remaja yang didiagnosis kanker kira – kira 80% di banyak negara berpenghasilan tinggi. Perkiraan ini menggembirakan karena menunjukkan kemajuan substansial yang telah dibuat dalam diagnosis dan pengobatan kanker anak. Sayangnya, data langka tersedia untuk negara – negara berpenghasilan rendah dan menengah (LMIC), di mana hampir 90% dari anak – anak dengan kanker berada, menunjukkan bahwa perkiraan kelangsungan hidup global jauh lebih buruk di wilayah ini. Karena LMIC sedang mengalami transisi epidemiologi yang cepat, dengan pergeseran beban dari penyakit menular ke penyakit tidak menular, perawatan kanker untuk segala usia telah menjadi fokus global.

Untuk meningkatkan hasil bagi anak – anak dan remaja yang didiagnosis dengan kanker di seluruh dunia, penilaian yang akurat tentang beban global kanker anak merupakan langkah pertama yang diperlukan. Dalam review ini, peneliti menganalisis empat studi tentang beban kanker global yang mencakup data untuk anak – anak dan remaja. Setiap studi menggunakan berbagai pendekatan statistik dan metrik hasil yang tumpang tindih dan tidak tumpang tindih. Selain itu, untuk memberikan panduan dalam meningkatkan perkiraan masa depan dari beban kanker global pada masa kanak – kanak, peneliti mengusulkan beberapa rekomendasi untuk memperkuat pengumpulan data dan menstandarisasi analisis.

Pada akhirnya, data ini dapat membantu para pemangku kepentingan untuk mengembangkan rencana program kanker nasional dan institusi, dengan tujuan keseluruhan membantu mengurangi beban global kanker pada anak – anak dan remaja. Artikel ini dipublikasikan pada Januari 2019 di jurnal The Lancet, selengkapnya https://www.thelancet.com/journals/lanonc/article/PIIS1470-2045(18)30761-7/fulltext