Isolasi Sosial di antara Ibu yang Merawat Bayi di Jepang

Isolasi Sosial di antara Ibu yang Merawat Bayi di Jepang

Artikel Mingguan

Isolasi sosial telah diidentifikasi sebagai faktor risiko morbiditas dan mortalitas sejumlah penyakit. Oleh karena itu, mencegah isolasi sosial menjadi salah satu tantangan utama yang dihadapi kesehatan masyarakat. Isolasi sosial dapat terjadi pada semua kelompok umur; namun, isolasi ibu dengan bayi dalam mengasuh anak merupakan masalah yang mendesak di Jepang. Pengasingan dalam mengasuh anak dapat meningkatkan risiko pelecehan anak dan berdampak negatif terhadap perkembangan anak karena meningkatnya urbanisasi dan penurunan sistem dukungan keluarga dan masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi prevalensi isolasi pengasuhan anak dan faktor sosiodemografi di kalangan ibu di Jepang dengan menggunakan data dari Survei Akhir Orang Tua dan Anak Sehat 21. Temuan menunjukkan dampak kehidupan perkotaan terhadap kesehatan ibu dan pengaruh isolasi terhadap kecemasan ibu tentang mengasuh anak dan potensi mereka untuk melakukan penganiayaan terhadap anak. Pentingnya keterlibatan ayah dalam mengasuh anak dalam mencegah isolasi ibu dalam mengasuh anak disoroti.

Artikel ini telah dipublikasikan pada April 2022 di Maternal and Child Health Journal, selengkapnya https://link.springer.com/article/10.1007/s10995-022-03427-0