Perbedaan Pelayanan Kesehatan Anak selama Pandemi COVID-19

Perbedaan Pelayanan Kesehatan Anak selama Pandemi COVID-19

Artikel Mingguan

Pandemi COVID-19 memengaruhi rumah tangga berpenghasilan rendah dan komunitas etnis minoritas. Kesenjangan ini menyebabkan kerawanan pangan dan perumahan serta terbatasnya akses ke perawatan medis. Pendapatan orang tua yang menurun menyebabkan rawan kemiskinan yang berpengaruh terhadap pola asuh anak. Kunjungan ke fasilitas kesehataan untuk pemeriksaan kesehatan anak secara signifikan lebih rendah selama pandemi. Meskipun pengobatan jarak jauh meningkat pada tahun 2020, namun perbedaan layanan kesehatan masih dialami oleh anak perempuan dari etnis minoritas.

Telemedicine telah membantu menjembatani beberapa kesenjangan perawatan kesehatan tetapi sulit bagi keluarga dengan akses internet terbatas. Dalam studi cross-sectional ini, digunakan data National Survey of Children’s Health (NSCH) 2022 untuk menilai hubungan antara variabel sosiodemografi (ras dan etnis seperti yang dilaporkan oleh orang tua yang menyelesaikan survey dan status sosial ekonomi) dan apakah selama COVID-19 pemeriksaan kesehatan anak terlewatkan, ditunda, atau dilewati; kunjungan medis dilakukan dengan telehealth; dan kunjungan telehealth karena COVID-19.

Artikel ini telah dipublikasikan pada Februari 2023 di JAMA Pediatrics, selengkapnya https://jamanetwork.com/journals/jamapediatrics/fullarticle/2801668