Periodontitis dan Preeklampsia pada Kehamilan

Periodontitis dan Preeklampsia pada Kehamilan

Kesehatan ibu dan Anak

Kesehatan gigi dan mulut berdampak pada kondisi kehamilan. Periodontitis merupakan gangguan yang banyak dikeluhkan oleh ibu hamil. Periodontitis dapat menyebabkan kerusakan jaringan periodontal dan menyebabkan penyebaran bakteri dan mediator inflamasi lainnya secara sistemik. Proses inflamasi sistemik yang dipicu oleh infeksi periodontal berdampak pada penyakit kardiovaskular, serebrovaskular, dan penyakit pernapasan. Pada ibu hamil dangan preeclampsia akan memiliki kemungkinan terjadinya perdarahan serebrovaskular yang lebih tinggi dibandingan ibu hamil tanpa preeclampsia.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh ibu hamil demi mengurangi risiko preeklampsia. Selain itu, diperlukan manajemen strategi pengelolaan alokasi sumber daya untuk perawatan kesehatan gigi dan mulut dalam menghilangkan kesenjangan perawatan kesehatan gigi dan mulut.

Artikel ini telah dipublikasikan pada Oktober 2022 di Maternal and Child Health Journal, selengkapnya https://link.springer.com/article/10.1007/s10995-022-03556-6