Intervensi Perawatan Kesehatan Global untuk Bayi Prematur dan Berat Badan Lahir Rendah

Intervensi Perawatan Kesehatan Global untuk Bayi Prematur dan Berat Badan Lahir Rendah

Pengantar Mingguan

Pada Desember 2020, pertemuan ahli kelompok pengembangan pedoman Organisasi Kesehatan Dunia mengidentifikasi 24 pertanyaan penelitian (dibingkai sebagai PICO: populasi, intervensi, pembanding, dan hasil) untuk intervensi perawatan kesehatan global untuk bayi prematur dan berat badan lahir rendah (BBLR). Dua peneliti mencari tinjauan sistematis dalam 3 tahun terakhir yang menjawab pertanyaan penelitian ini.

Para peneliti menemukan sembilan tinjauan sistematis. Delapan ulasan dari 121 penelitian dan 25 465 bayi prematur atau BBLR yang diterbitkan dalam 36 bulan terakhir ‘sepenuhnya’ menjawab 8 dari 24 pertanyaan penelitian (tekanan saluran udara positif berkelanjutan (CPAP) apa saja, CPAP dini, profilaksis CPAP), ASI donor, emolien , susu formula, fortifier multikomponen dan probiotik. Kedelapan ulasan sistematis ini menerima peringkat kualitas AMSTAR ‘tinggi’. Namun, satu tinjauan sistematis (air susu ibu sendiri) tidak menemukan uji coba.

Tidak ada tinjauan sistematis dalam 3 tahun terakhir dari 15 pertanyaan penelitian (inisiasi dini, pemberian makan responsif, kemajuan, durasi menyusui eksklusif, perawatan ibu kanguru, zat besi, seng, vitamin D, vitamin A, kalsium dan fosfor, beberapa mikronutrien, tekanan CPAP sumber, metil xantin, keterlibatan keluarga dan dukungan keluarga).

Para penulis menyimpulkan bahwa sementara mereka menemukan tinjauan sistematis berkualitas tinggi dari hampir sepertiga dari penelitian mereka, mereka menemukan kesenjangan dalam perawatan termal, pemberian makan dan intervensi dukungan keluarga. Artikel ini dipublikasikan pada 2022 di Wiley Online Library, selengkapnya https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/jpc.16191