10 Manfaat Buah Kundur untuk Ibu Hamil, Kaya Serat untuk Cegah Sembelit

10 Manfaat Buah Kundur untuk Ibu Hamil, Kaya Serat untuk Cegah Sembelit

Berita Terbaru

Buah yang memiliki nama lain bligu ini cukup populer di Indonesia. Buah kundur matang memiliki rasa yang mirip timun.

Menurut ahli diet, Alina Petre, MS, RD, buah kundur memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Buah dengan kulit berwarna hijau muda ini bahkan telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda selama beradab-abad.

“Buah ini rendah kalori, lemak, karbohidrat, dan protein. Namun, kaya akan serat dan antioksidan yang dipercaya bisa memelihara kesehatan dan melindungi tubuh dari penyakit,” kata Petre, dikutip dari Healthline.

Nutrisi buah kundur

Buah kundur mengandung 96 persen air. Meski rendah lemak, protein, dan karbohidrat, buah ini kaya serat yang baik untuk kesehatan saluran cerna.

Dalam 3,5 ons buah kuncur (100 gram) mengandung setidaknya 3 gram karbohidrat, 3 gram serat, kurang dari 1 gram protein dan lemak. Kandungan lainnya adalah vitamin C, vitamin B, asam folat, kalsium, kalium, riboflavin, fosfor, zat besi, dan zinc.

Buah kundur untuk ibu hamil

Ibu hamil boleh makan buah kundur ya. Tetapi, konsumsinya enggak boleh berlebihan lho.

Buah kundur termasuk buah atau makanan yang memberikan efek dingin. Konsumsi buah secara berlebihan bisa membuat perut tidak nyaman dan menimbulkan masalah di sistem pencernaan.

Buah ini bisa dijadikan sebagai menu camilan atau dimasak menjadi sup. Rasa buah kendur akan terasa segar bila dikonsumsi saat matang.

Manfaat buah kendur untuk ibu hamil

Melansir dari berbagai sumber, berikut 10 manfaat buah kundur untuk ibu hamil:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah kundur mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C di buah ini adalah 19 persen dari kebutuhan harian. Vitamin C merangsang pembentukan sel darah dalam tubuh.

Buah kundur juga mengandung zinc, yang merupakan komponen kunci lain dalam mendukung sistem kekebalan tubuh.

2. Mencegah migrain atau sakit kepala

Buah kundur memiliki kandungan vitamin B2. Vitamin ini dapat mengatasi sakit kepala yang disebabkan oleh migrain.

Bukti menunjukkan, kandungan vitamin B2 yang terkandung di buah kundur bisa mengurangi frekuensi nyeri dan gejala migrain. Makan buah kundur juga dapat mempersingkat durasi sakit kepala yang disebabkan migrain.

3. Mencegah cacat tabung saraf

Kandungan asam folat di buah kundur memang tidak tinggi. Tapi, senyawa ini bisa membantu memenuhi asupan asam folat yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

Asam folat merupakan vitamin B kompleks yang larut dalam air. Asam folat untuk ibu hamil sangat bermanfaat untuk membantu pembentukan sel otak janin dan melindungi bayi dari cacat tabung saraf.

4. Menjaga kesehatan mata

Kandungan riboflavin di buah kundur dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Riboflavin juga dapat mencegah penyakit mata seperti keratoconus, katarak, dan glaukoma.

Penelitian menunjukkan, ada hubungan antara konsumsi riboflavin dengan penurunan gangguan mata. Selain riboflavin, kandungan antioksidan di buah ini juga dapat membantu mengurangi stres oksidatif di retina.

5. Kesehatan jantung

Kandungan vitamin C memegang peranan penting untuk menjaga kesehatan jantung. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan, orang yang mengonsumsi vitamin C yang cukup, memiliki kemungkinan lebih sedikit terkena stroke.

Journal of Food Research tahun 2019 juga menunjukkan, kandungan flavonoid dan karoten di buah ini dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan penyakit jantung.

6. Mengandung antioksidan

Buah kundur memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Antioksidan bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas penyebab kerusakan sel, peradangan, dan penyakit.

Studi menunjukkan, makanan tinggi antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan radang sendi.

7. Melancarkan sirkulasi darah

Kandungan zat besi dalam buah kundur berfungsi untuk memastikan sirkulasi darah lancar ke seluruh tubuh. Zat besi adalah komponen utama dalam pembentukan sel darah merah.

Produksi sel darah merah yang baik akan memengaruhi sirkulasi darah. Zat besi di buah kundur juga dapat melindungi ibu hamil dari gejala anemia.

8. Mencegah flu

Vitamin C di buah ini dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah ibu hamil dari sakit flu. Kandungan vitamin C di buah ini juga bisa mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi paru-paru dan pneumonia.

9. Kesehatan saluran cerna

Buah kundur kaya akan serat yang baik untuk kesehatan saluran cerna. Buah ini cocok untuk mencegah sembelit pada ibu hamil.

Sumber serat larut di buah ini dapat membentuk zat seperti gel di usus. Fungsinya tak cuma untuk mencegah sembelit tapi juga menimbulkan rasa kenyang.

10. Anti-mikroba

Penelitian diterbitkan dalam International Journal of Peptide Research and Therapeutics tahun 2014 menunjukkan bahwa ekstrak buah kundur bersifat anti-mikroba, artinya dapat melindungi tubuh dari bakteri dan jamur tertentu.


Sumber: detik.com