Kesepakatan Orang Tua – Anak dalam Berbagai Domain Perilaku dan Kesehatan Anak

Kesepakatan Orang Tua – Anak dalam Berbagai Domain Perilaku dan Kesehatan Anak

Pengantar Mingguan

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan membandingkan kesepakatan orang tua – anak dalam domain yang berbeda dari kesehatan dan perilaku anak. Kesepakatan antara laporan anak dan orang tua bervariasi dari rendah hingga hampir sempurna, dengan tingkat kesepakatan terbesar untuk nilai sekolah dan aktivitas fisik terorganisir, dan terendah untuk pusing, durasi tidur, dan konsumsi kentang. Jenis kelamin anak tidak berpengaruh signifikan terhadap kesepakatan orang tua – anak.

Sebaliknya, temuan menunjukkan bahwa jenis kelamin orang tua memiliki beberapa efek pada tingkat persetujuan, dengan persetujuan yang lebih tinggi untuk keluhan psikosomatik tertentu ketika laporan orang tua diselesaikan oleh ibu, dan persetujuan yang lebih tinggi untuk konsumsi roti putih jika diselesaikan oleh ayah.

Untuk beberapa item kuesioner (terutama yang berkaitan dengan kesulitan perilaku dan keluhan psikosomatik, tetapi juga untuk konsumsi produk makanan individu dan penggunaan ponsel), jenis (ketidaksetujuan) berbeda tergantung pada jenis kelamin anak atau orang tua. Temuan menunjukkan bahwa persepsi dan strategi pelaporan anak Рanak dan orang tua mereka dapat sangat berbeda, khususnya untuk perilaku yang tidak mudah diamati atau diukur. Artikel ini dipublikasikan pada 2020 di jurnal PLOS One, selengkapnya KLIK DISINI