Modal Sosial Serta Penyerapan Layanan Kesehatan Ibu  Anak di Negara – Negara Berpenghasilan Rendah dan Menengah

Modal Sosial Serta Penyerapan Layanan Kesehatan Ibu Anak di Negara – Negara Berpenghasilan Rendah dan Menengah

Pengantar Mingguan

Modal sosial telah menjadi konsep penting di bidang kesehatan masyarakat, dan dikaitkan dengan peningkatan penyerapan layanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau secara sistematis literatur yang tersedia tentang peran modal sosial pada pemanfaatan layanan kesehatan ibu dan anak di negara – negara berpenghasilan rendah dan menengah. Modal sosial memiliki kontribusi yang besar untuk meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Negara – negara yang bertujuan untuk meningkatkan layanan kesehatan ibu dan anak dapat memperoleh manfaat dari mengadaptasi jaringan sosial khusus konteks yang ada di masyarakat. Tinjauan ini mengidentifikasi bukti terbatas yang tersedia yang memeriksa peran modal sosial pada penyerapan layanan kesehatan ibu dan anak dan studi di masa depan mungkin diperlukan untuk pemahaman mendalam tentang bagaimana modal sosial dapat meningkatkan layanan kesehatan ibu dan anak.

Artikel ini dipublikasikan pada 2021 di jurnal BMC Health Services Research, selengkapnya https://bmchealthservres.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12913-021-07129-1