Anestesi untuk Operasi Caesar

Anestesi untuk Operasi Caesar

Pengantar Mingguan

Operasi caesar merupakan operasi yang banyak dilakukan dengan tingkat kematian ibu yang jauh lebih tinggi dari persalinan pervaginam.

Pada operasi caesar dibutuhkan suatu tindakan anestesi, baik anestesi umum maupun regional. Sebagian besar anestesi umum dilakukan pada tindakan operasi caesar darurat. Hal ini dikarenakan kondisi janin yang tidak memungkinkan untuk dilakukan anestesi regional.

Anestesi regional terdiri dari anestesi spinal dan blok epidural. Teknik penempatan anestesi spinal lebih mudah daripada blok epidural dalam anestesi epidural.

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan jenis anestesi dengan kondisi ibu dan bayi yang dilahirkan berdasarkan data retrospektif dari 3599 kasus operasi caesar. Kondisi ibu dan bayi yang dikaji meliputi nilai APGAR, lama rawat inap, waktu operasi dan perawatan intensif untuk neonatal.

Artikel ini telah dipublikasikan pada Februari 2021 di International Journal of Women’s Health, selengkapnya https://www.dovepress.com/anesthesia-for-cesarean-section-retrospective-comparative-study-peer-reviewed-article-IJWH