Faktor yang Meningkatkan Penambahan Berat Badan Selama Hamil Melebihi yang Direkomendasikan

Pengantar Mingguan

Pertambahan berat badan selama kehamilan berdampak terhadap kesehatan ibu dan bayi. Kenaikan berat badan yang berlebihan ataupun yang terlalu sedikit dari yang direkomendasikan dapat berdampak negatif pada kesehatan ibu dan bayi.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kebiasaan makan selama kehamilan, saran dari keluarga atau teman tentang kenaikan berat badan selama kehamilan, dan upaya dari ibu hamil untuk tetap dalam batas kenaikan berat badan sesuai yang direkomendasikan.

Peserta pada penelitian ini adalah wanita hamil dan nifas yang menyelesaikan survei kesehatan ibu elektronik (EMat) yang telah divalidasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi  makanan yang kurang sehat, menerima saran dari keluarga  atau teman tentang kenaikan berat badan selama kehamilan, dan upaya pribadi yang lebih rendah untuk tetap mengikuti pedoman beraktivas selama hamil memiliki kemungkinan peningkatan berat badan yang tidak sesuai dengan rekomendasi.

Artikel ini telah dipublikasikan pada September 2020 di Maternal and Child Health Journal, selengkapnya https://link.springer.com/article/10.1007/s10995-020-03007-0