Vaksin COVID-19 dan Kehamilan yang Terabaikan

Vaksin COVID-19 dan Kehamilan yang Terabaikan

Pengantar Mingguan

Pada 18 Juni 2020, WHO mempresentasikan kerangka kerja strategis untuk memastikan alokasi yang adil dari sumber daya COVID-19 yang langka, termasuk vaksin. Petugas kesehatan, orang yang berusia di atas 65 tahun, dan orang dengan penyakit kardiovaskular, penyakit pernapasan kronis, kanker, diabetes, atau obesitas akan diprioritaskan untuk vaksinasi awal. Wanita hamil tampaknya bukan kelompok prioritas tinggi, meskipun mewakili kelompok yang berisiko tinggi mengalami komplikasi parah COVID-19.

Semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa wanita hamil berada pada risiko morbiditas dan mortalitas yang lebih tinggi dari COVID-19, termasuk peningkatan risiko gagal pernapasan dengan kebutuhan untuk masuk ke perawatan intensif dan ventilasi mekanis, dibandingkan dengan wanita dengan usia yang sama, COVID-19 juga telah dikaitkan dengan peningkatan angka kelahiran mati.

Artikel ini dipublikasikan pada 2020 di jurnal The Lancet, selengkapnya: https://www.thelancet.com/journals/lancet/article/PIIS0140-6736(20)31822-5/fulltext