Hak, Keadilan, dan Kesetaraan: Agenda Global untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Anak

Pengantar Mingguan

Tantangan di seluruh dunia terhadap kesehatan dan kesejahteraan anak dengan cepat menjadi ancaman eksistensial bagi anak-anak dan anak-anak. Ketidakadilan, konflik bersenjata dan kekerasan, proliferasi nuklir, migrasi paksa, globalisasi, dan perubahan iklim adalah beberapa isu global yang melanggar hak anak-anak untuk kelangsungan hidup dan perkembangan yang optimal.

Pendekatan berbasis hak anak akan diperlukan untuk meningkatkan respons terhadap penentu sipil-politik, sosial, ekonomi, dan budaya dari masalah kesehatan anak global ini. Dalam sudut pandang ini, kami menyajikan agenda global untuk kesehatan dan kesejahteraan anak sebagai cetak biru untuk praktik pediatri dan kesehatan anak dalam bidang perawatan klinis, pengembangan sistem, dan perumusan kebijakan.

Agenda global ini didasarkan pada prinsip-prinsip hak, keadilan, dan kesetaraan dan dapat mengatasi faktor penentu penyebab utama kesehatan. Peringatan 30 tahun Konvensi PBB tentang Hak-hak Anak adalah momen yang relevan untuk berkomitmen kembali pada tujuan bersama untuk kesehatan dan kesejahteraan anak-anak.

Artikel ini dipublikasikan pada Januari 2020, selengkapnya https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2352464219303463