Deteksi Covid-19 pada Anak di Wuhan

Pengantar Mingguan

Sejumlah kecil kasus penyakit Coronavirus 2019 (Covid-19) telah dideskripsikan terjadi pada anak – anak,  dan pemahaman kita tentang spektrum penyakit masih terbatas. Peneliti melakukan analisis retrospektif yang melibatkan anak – anak yang dirawat di rumah sakit di Wuhan, Cina.

Studi ini menunjukkan bahwa Covid-19 terjadi pada anak – anak, menyebabkan penyakit pernapasan sedang hingga berat, pada fase awal wabah SARS-CoV-2 di Wuhan dan dikaitkan dengan masuknya ICU pada satu pasien. Tak satu pun dari pasien atau anggota keluarga mereka memiliki paparan langsung ke Pasar Grosir Makanan Laut Huanan (lokasi awal yang terkait kasus Covid-19) atau satu sama lain.

Perlu disebutkan bahwa peneliti secara tak terduga menemukan kasus Covid-19 pada satu pasien (Pasien 3) yang tinggal di luar Wuhan; pasien ini memiliki penyakit pada 2 Januari 2020. Pasien dan keluarganya adalah penduduk daerah Yangxin di Huangshi dan belum melakukan perjalanan ke luar kota pada bulan sebelum penyakit ini muncul.

Peneliti belum mengidentifikasi sumber infeksi untuk pasien ini. Temuan kami menunjukkan bahwa infeksi SARS-CoV-2 pada anak – anak terjadi pada awal epidemi.

Artikel ini dipublikasikan pada Maret 2020 oleh The New England Journal of Medicine, selengkapnya https://www.nejm.org/doi/10.1056/NEJMc2003717