27 August

Sering Kenakan Ransel Berat Ancam Kesehatan Anak

Written by 

Para ahli di Akademi Ahli Bedah Ortopedi Amerika menemukan, ransel Berat yang dibawa anak-anak berisiko mengganggu kesehatan anak, salah satunya kesehatan punggung dan bahu.

Untuk itu para ahli tersebut menawarkan tips tentang keselamatan ransel untuk orang tua saat tahun ajaran baru dimulai, dimana kebanyakan anak-anak akan mendapatkan ransel baru.

"Ransel yang berat dan tidak dipakai dengan benar dapat memicu sakit punggung, leher dan bahu pada anak-anak," kata kelompok itu dilansir UPI.

Para ahli menambahkan, pada tahun 2018, hampir 51.000 orang dilaporkan cedera terkait ransel di departemen darurat, kantor dokter dan klinik, menurut Komisi Keamanan Produk Konsumen AS.

"Nyeri punggung karena pemakaian yang tidak benar dan kelebihan muatan ransel adalah gejala umum," kata juru bicara AAOS, Dr. Afshin Razi, seorang ahli bedah tulang ortopedi.

"Untuk membatasi cedera atau sakit punggung, dorong anak-anak Anda untuk membatasi beban dan menggunakan kedua tali empuk untuk postur dan distribusi berat yang tepat," tambahnya.

Idealnya, anak-anak yang sehat dengan berat badan normal tidak boleh membawa lebih dari 10 persen hingga 20 persen dari berat badan mereka dalam ransel.

"Selalu minta anak-anak menggunakan kedua tali pengikat saat membawa ransel, sehingga beratnya didistribusikan lebih merata di punggung. Kencangkan tali ransel untuk menjaga beban lebih dekat ke belakang, juga. Bagian bawah ransel harus duduk setinggi pinggang," kata AAOS.

Anak-anak hanya boleh membawa barang-barang yang diperlukan untuk hari sekolah, dan barang-barang yang lebih berat harus dikemas rendah dan mengarah ke tengah paket.

Jika Anda melihat bahwa anak Anda kesulitan untuk mengenakan atau melepas ransel karena berat, minta mereka mengeluarkan beberapa buku dan membawanya di lengan mereka.

Mungkin juga perlu untuk berbicara dengan sekolah tentang meringankan beban buku yang harus dibawa oleh siswa dalam ransel mereka. Dengan melibatkan orang tua lain dalam upaya itu dapat membantu meyakinkan sekolah untuk melakukan perubahan, kata AAOS.

Masalah punggung atau leher masih bisa timbul, dan orang tua harus mendorong anak-anak untuk memberi tahu mereka tentang mati rasa, kesemutan atau ketidaknyamanan di lengan atau kaki, yang mungkin mengindikasikan ransel yang buruk atau terlalu banyak beban.


Sumber: http://www.jurnas.com/artikel/58198/Sering-Kenakan-Ransel-Berat-Ancam-Kesehatan-Anak/

Read 181 times
Rate this item
(0 votes)

Kantor

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK)
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada

Jl. Medika - depan LPPT UGM, Senolowo, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Telp: (+62274) 549425 | Email: unitpublikasi@gmail.com

LIHAT DIPETA >

Website Terkait

mrsmpkkmrsbencanamjkmjkmjkdeskes rural  aids2