19 February

Faktor Risiko Kelainan Jantung Bawaan Pada Bayi

Written by 

Kelainan jantung bawaan (KJB) merupakan salah satu kelainan bawaan yang banyak terjadi pada bayi baru lahir. KJB pada bayi sudah dapat dideteksi sejak bayi masih berada di dalam kandungan. Setelah bayi berusia 20 minggu, apapun kelainan pada jantungnya dapat dideteksi melalui pemeriksaan USG. Namun, meski dapat terdeteksi, KJB tidak dapat diatasi saat bayi masih berada di dalam kandungan. Tindakan terhadap KJB pada bayi baru dapat diputuskan setelah bayi lahir.

Agar KJB tidak terjadi pada bayi Anda, maka Anda sebaiknya melakukan tindakan pencegahan. Meski hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebabnya, Anda dapat menghindari faktor risiko KJB, seperti:

1. Usia ibu saat hamil sudah di atas 40 tahun

Setiap calon ibu sebaiknya merencanakan kehamilan saat masih berusia di bawah 40 tahun. Selain mencegah KJB pada bayi, hamil saat berusia di bawah 40 tahun juga dapat mencegah terjadinya berbagai risiko kesehatan yang dapat terjadi pada ibu hamil.

2. Konsumsi obat

KJB juga dapat terjadi akibat obat yang dikonsumsi ibu, saat hamil muda. Jadi apabila Anda mengalami gangguan kesehatan, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum buru-buru mengonsumsi obat.

3. Demam tinggi

Ibu hamil yang mengalami demam tinggi, seperti campak jerman, dapat mengakibatkan gagalnya perkembangan jantung bayi. Inilah pentingnya mendapatkan vaksinasi sebelum merencanakan kehamilan.

4. Diabetes

Menderita diabetes saat hamil, bukan hanya dapat membuat berat badan bayi meningkat drastis, tetapi juga dapat menyebabkan bayi mengalami KJB.

5. Merokok

Merokok sama saja dengan memasukkan berbagai radikal bebas dan zat berbahaya lainnya ke dalam tubuh janin, sehingga menyebabkan kelainan jantung. Bukan hanya menghindari rokok, Anda juga sebaiknya menghindari orang yang sedang merokok agar tidak terpapar asapnya.

Read 118 times
Rate this item
(0 votes)

Kantor

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK)
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada

Gd. IKM Baru Lt. 2, Sayap Utara
Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp: (+62274) 549425 | Email: unitpublikasi@gmail.com

Website Terkait

mrsmpkkmrsbencanamjkmjkmjkdeskes rural  aids2