admin

admin

Penelitian ini dipublikasikan pada 2019 di jurnal Springer. Tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi hubungan antara konteks lingkungan, persepsi dukungan sosial, dan pengasuhan untuk ibu berpenghasilan rendah dengan bayi muda. Hasil penelitian ini, dukungan sosial dan kualitas lingkungan dikaitkan dengan persepsi ibu dan hasil pengasuhan yang diamati. Dukungan sosial memprediksi secara positif persepsi ibu tentang efikasi diri sedangkan kualitas lingkungan berhubungan positif dengan keterlibatan orang tua. Secara keseluruhan, dukungan sosial dan kualitas lingkungan terkait dengan aspek pengasuhan pada tahun pertama kehidupan anak - anak. Tidak ada bukti bahwa hubungan antara dukungan sosial dan pengasuhan bervariasi sebagai fungsi kualitas lingkungan. Temuan ini menunjukkan kualitas lingkungan yang ditangkap dalam penelitian kami tidak mempengaruhi kemampuan ibu untuk mengakses dukungan sosial selama masa bayi.

Selengkapnya

 

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia yang mempengaruhi pertumbuhan anak - anak, terutama dalam hal prestasi, kualitas hidup, dan kinerja sebagai sumber daya manusia pada masa depan. Berat lahir, pemberian makanan pendamping ASI eksklusif (EBF - CF) memiliki hubungan langsung dengan kejadian anemia pada bayi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor - faktor yang mempengaruhi anemia pada anak balita di Puskesmas Banguntapan II Bantul, Yogyakarta. Artikel ini dimuat dalam Journal of Maternal and Child Health pada 2019.

SELENGKAPNYA >

Wanita hamil dengan gangguan penggunaan opioid (obat penghilang rasa sakit dengan reseptor opioid) merupakan perhatian utama bagi industri perawatan kesehatan. Mereka bukan hanya salah satu kelompok yang paling terstigmatisasi tetapi juga membutuhkan penjangkauan. Wanita yang menderita kecanduan opioid adalah kelompok yang sangat rentan yang berisiko mengalami hasil kehamilan yang buruk dan komplikasi perinatal. Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan meta-sintesis literatur untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari perspektif perempuan yang kecanduan opioid selama kehamilan.

Artikel ini dipublikasikan pada 2019 di Journal of Maternal  and Child Health, selengkapnya https://thejmch.com/index.php?journal=thejmch&page=article&op=view&path%5B%5D=280

 

Mamuju, Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK), FK - KMK UGM bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat menyelenggarakan Training Of Trainer (TOT) Pelaksanaan Audit Maternal Perinatal (AMP) efektif dengan 10 langkah. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari di Hotel Lukes Mamuju. Kegiatan difasilitasi oleh Tim Konsultan Manajemen Kesehatan Ibu dan Anak yakni Dr. dr Hanevi Djasri MARS, FISQua dan Andriani Yulianti, MPH.

Secara umum setiap daerah telah melakukan kegiatan AMP setiap tahun, pertemuan khusus untuk membahas kegiatan tersebut juga rutin dilaksanakan. Namun pada beberapa kota / kabupaten penyebab kematian sering terjadi secara berulang – ulang. Bila melihat dari penyebab kematian ibu dan bayi, maka tercatat bahwa penyebab utama kematian seperti perdarahan, hipertensi, infeksi, abortus pada kematian ibu dan pada anak seperti BBLR, asfiksia, infeksi dan lain - lain, sebuah kondisi medis yang sebenarnya dapat dicegah dan diatasi.

Tinjauan literatur ini menyelidiki bagaimana konsep persepsi orang tua diidentifikasi dalam studi obesitas anak sebelumnya. Sementara ada banyak literatur tentang persepsi orang tua tentang berat badan anak, sementara tidak ada definisi yang jelas untuk konsep tersebut. Persepsi akurat tentang status berat badan anak sangat penting untuk memahami perilaku orang tua terhadap anak - anak mereka untuk meningkatkan berat badan yang sehat dan pengelolaan obesitas masa kecil. Penelitian di masa depan diperlukan untuk memvalidasi definisi konseptual persepsi orang tua tentang berat badan anak. Penelitian semacam itu akan memungkinkan perawat untuk membantu orang tua meningkatkan hasil kesehatan bagi anak - anak mereka melalui pengembangan strategi yang efektif untuk mengelola dan mencegah obesitas pada anak. Artikel ini dipublikasikan di Journal of Childhood Obesity, pada 2019.

Page 1 of 60

Kantor

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK)
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada

Jl. Medika - depan LPPT UGM, Senolowo, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Telp: (+62274) 549425 | Email: unitpublikasi@gmail.com

LIHAT DIPETA >

Website Terkait

mrsmpkkmrsbencanamjkmjkmjkdeskes rural  aids2