14 November

Investasi Pada Kesehatan Anak dan Remaja (8000 Hari Pertama Kelahiran/HPK): Perkembangan Fisik, Kognitif, dan Intelektual Remaja serta Tantangan Masa Kini

Written by 

Fase sensitif menentukan perkembangan seseorang dalam pencapaian potensi penuh sebagai seorang dewasa. Usia dewasa dicapai dalam 8000 hari pertama kehidupan (HPK). Investasi 1000 HPK telah dikenal luas sebagai prioritas utama pembangunan, namun hal tersebut tidaklah cukup, diperlukan pula perhatian pada 7000 HPK berikutnya. Setidaknya terdapat 3 fase krusial pada masa ini, yaitu kanak - kanak dan fase konsolidasi (5 - 9 tahun) dengan infeksi dan malnutrisi serta angka mortalitas yang tinggi menjadi permasalahan utama di dalamnya; growth spurt masa remaja (10 - 14 tahun) dengan peningkatan tajam indeks massa tubuh dan terjadinya pubertas; serta pertumbuhan remaja  dan fase konsolidasi (15 - 19 tahun) yang penting dalam restrukturisasi otak lebih lanjut, kaitannya dengan eksplorasi, eksperimentasi, dan inisiasi perilaku yang akan menentukan kesehatan di masa mendatang. Dua pendekatan utama yang dapat dilakukan untuk memperluas investasi pembangunan manusia terkait fase di atas adalah pendekatan berbasis sekolah  untuk kanak - kanak dan remaja awal serta pendekatan mixed yang berfokus pada remaja usia 15 - 19 tahun dengan melibatkan komunitas, media, dan sistem kesehatan.

Sesi ini membahas tentang investasi pembangunan manusia pada masa remaja. Sesi juga akan membahas fase - fase sensitif perkembangan remaja dan upaya pencapaian potensi penuh sebagai dewasa nantinya. Dengan menaruh perhatian lebih pada anak dan remaja, diharapkan ke depan Indonesia akan memiliki SDM dengan pencapaian kesehatan fisik, kognitif, dan intelektual terbaik.

Selengkapnya >

Read 106 times
Rate this item
(2 votes)

Kantor

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK)
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada

Jl. Medika - depan LPPT UGM, Senolowo, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Telp: (+62274) 549425 | Email: unitpublikasi@gmail.com

LIHAT DIPETA >

Website Terkait

mrsmpkkmrsbencanamjkmjkmjkdeskes rural  aids2