03 November

Strategi Penurunan Kematian Ibu dengan Kelainan Jantung

Written by 

Penyakit sebagai penyebab tidak langsung kematian Ibu saat ini mulai menjadi perhatian di beberapa negara termasuk Indonesia. Angka kematian ibu yang disebabkan oleh penyakit mulai meningkat presentasinya sejak tahun 2010 hingga sekarang terutama di beberapa kota besar dengan fasilitas kesehatan yang lengkap. Salah satu penyakit yang menjadi penyebab utama kematian ibu dibeberapa negara termasuk di beberapa kota di Indonesia dengan fasilitas kesehatan yang lengkap adalah penyakit jantung.

Insiden kelainan jantung dalam kehamilan berkisar antara 0,2-4% di dunia, sedangkan di Indonesia berkisar antara 0,5 sampai 1,5 %. Pada masa yang akan datang, jumlah kelainan jantung dalam kehamilan akan semakin meningkat  seiring dengan berhasilnya tatalaksana wanita yang mengalami kelainan jantung bawaan, sehingga wanita tersebut mampu mencapai usia produktif. Tatalaksana penyakit jantung dalam kehamilan membutuhkan kolaborasi interprofesi untuk dapat saling melengkapi kompetensi masing-masing, sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasien yang kompleks.

Interprofessional Collaboration Practice (IPCP) terjadi ketika dua atau lebih profesi kesehatan bersama-sama memiliki tujuan memberikan pelayanan kesehatan dengan mutu terbaik bagi pasien. IPCP telah dibuktikan dalam berbagai penelitian, mampu memberikan outcome yang lebih baik bagi pasien, serta direkomendasikan untuk berbagai kasus kompleks dan membutuhkan pendekatan yang multidisipliner. IPCP memberikan tatalaksana komprehensive terhadap seluruh masalah yang dialami oleh pasien yaitu dari aspek biopsikososiokultural, dan meningkatkan komunikasi antar health professionals sehingga menunjang tercapainya pelayanan yang patient safety. seluruh capaian tersebut pada akhirnya dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.  1–6


Selengkapnya >

Read 77 times
Rate this item
(1 Vote)

Kantor

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK)
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada

Jl. Medika - depan LPPT UGM, Senolowo, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Telp: (+62274) 549425 | Email: unitpublikasi@gmail.com

LIHAT DIPETA >

Website Terkait

mrsmpkkmrsbencanamjkmjkmjkdeskes rural  aids2