05 July

Adapting the Quality Maternal and Newborn Care (QMNC) Framework to Evaluate models of antenatal care : A pilot study

Written by 

Bukti terbaru mengindikasikan bahwa model pelayanan maternitas menghasilkan luaran klinis dan psikososial yang meningkat, namun mekanisme - mekanisme tersebut belum diketahui secara pasti. Studi yang dilakukan Lancet Series pada Midwifery’s Quality Maternal and Newborn Care Framework menjelaskan lima komponen pelayanan yang berkualitas dan karakteristik yang berkaitan dalam hal tersebut. Sebagai langkah awal dalam mengembangkan kerangka konsep menjadi alat evaluasi, kami mentransformasikan komponen - komponen dan karakteristiknya menjadi sebuah topik utama untuk menilai persepsi para stakeholder dan pengalaman pelayanan yang sudah ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kesanggupan proses tersebut.

Penelitian ini dilakukan pada dua belas grup dalam dua area kesehatan yang luas di Skotlandia dengan 13 ibu hamil, 18 ibu baru, 26 bidan, dan 12 ahli kebidanan dan kandungan yang memiliki pengalaman dalam berbagai model pelayanan maternitas. Transkrip dianalisis menggunakan pendekatan enam fase (six-phase). Peneliti memetakan tema yang diidentifikasi dan sub tema ke dalam kerangka tugas (framework),

Tema-tema emerging dan subtema tersebut mendemonstrasikan kemampuannya menggunakan QMNC sebagai alat untuk mengumpulkan data dan sebagai ‘lensa’ untuk menganalisis data. Dari 4 tema emerging , hanya Kultur Organisasi/ Struktur Kerja yang dipetakan langsung menjadi komponen kerangka (framework) tersendiri. Hal yang lain seperti – ‘Hubungan’ (Relationships), ‘Informasi dan dukungan’ (Information and support), dan ‘Ketidakpastian’ (Uncertainty) dipetakan antara 2 - 5 komponen, mengilustrasikan keterhubungan dari komponen - komponen yang ada di kerangka (Framework’s components). Namun ada pula subtema yang negatif, yang berlawanan dengan framework yang positif.


SELENGKAPNYA >

Read 196 times
Rate this item
(0 votes)

Kantor

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK)
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada

Jl. Medika - depan LPPT UGM, Senolowo, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Telp: (+62274) 549425 | Email: unitpublikasi@gmail.com

LIHAT DIPETA >

Website Terkait

mrsmpkkmrsbencanamjkmjkmjkdeskes rural  aids2