08 May

Replikasi Kegiatan Pemanfaatan Buku KIA Melalui Pendampingan Mahasiswa dan Kader Mahasiswa

Written by 

Buku KIA merupakan buku yang berisi catatan kesehatan ibu dan anak yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak melalui upaya mendeteksi secara dini adanya masalah kesehatan ibu dan anak. Saat ini telah banyak upaya yang dilakukan berkaitan dengan pemanfaatan buku KIA, namun masih belum sesuai harapan. Berdasarkan Survei Kesehatan Nasional 2016 bahwa 81.5% ibu hamil sudah memiliki buku KIA, namun yang bisa menunjukkan hanya 60,5 %. Pengisian buku KIA juga hanya saat kehamilan dan bayi baru lahir, padahal buku KIA memuat informasi tentang kesehatan ibu hamil hingga anak berusia 6 tahun.

Penggunaan buku KIA sangat mendukung terhadap upaya deteksi dini dan antisipasi terjadinya komplikasi. Untuk mengatasi hal - hal tersebut dilakukan beberapa langkah yaitu pemanfaatan buku KIA dan pemberdayaan keluarga dengan melibatkan mahasiswa. Dalam hal ini, Kemenkes telah mengeluarkan kebijakan dengan melibatkan institusi pendidikan kesehatan sebagai bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui upaya kesehatan.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan ibu sebelum dan sesudah dilaksanakan pemanfaatan buku KIA melalui pendampingan mahasiswa dan kader kesehatan, dan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan buku KIA terhadap perilaku kesehatan sesuai isi buku KIA. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperiman pre dan post test one group. Penelitian ini diikuti oleh 20 orang mahasiswa dan 20 orang kader kesehatan dengan subjek 20 ibu hamil dan ibu balita. Penelitian dilaksanakan selama 5 minggu melalui pendampingan pemanfaatan buku kepada sasaran oleh mahasiswa dan kader kesehatan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan mahasiswa dan kader kesehatan dapat meningkatkan pengetahuan ibu tentang isi buku KIA dan perilaku ibu hamil dan ibu balita dalam membaca buku KIA. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pendampingan mahasiswa dan kader kesehatan mampu meningkatkan pengetahuan dan perilaku membaca buku KIA, namun belum memberikan kontribusi terhadap perilaku kesehatan ibu hamil dan ibu balita sesuai dengan isi buku KIA, sehingga diperlukan upaya tindak lanjut pada kegiatan berikutnya.

SELENGKAPNYA >> 

Read 194 times Last modified on Wednesday, 08 May 2019 01:10
Rate this item
(0 votes)

Kantor

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK)
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada

Jl. Medika - depan LPPT UGM, Senolowo, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Telp: (+62274) 549425 | Email: unitpublikasi@gmail.com

LIHAT DIPETA >

Website Terkait

mrsmpkkmrsbencanamjkmjkmjkdeskes rural  aids2