24 April

Indonesian Clinical Practice Guideline for Diabetes in Pregnancy

Written by 

Diabetes mellitus (DM) pada kehamilan memiliki efek serius baik bagi ibu maupun bayi jika tidak dilakukan tatalaksana yang baik. Dalam hal ini, kelompok kerja penyakit reproduksi menentukan bahwa diabetes dalam kehamilan merepresentasikan area prioritas yang membutuhkan guideline berdasarkan bukti. Guideline ini bertujuan untuk memaparkan rekomendasi berbasis bukti untuk evaluasi dan tatalaksana diabetes dalam kehamilan.

Prevalensi diabetes dalam kehamilan di Indonesia mencapai 1,9 - 3,6 %. Pada suatu studi cohort, sebanyak 40.6 % pada kelompok ini akan menjadi DM tipe 2 dengan insidens DM tipe 2 dan toleransi glukosa terganggu sebesar 56.6% sehingga perlu adanya metode skrining untuk ibu hamil yang sebelumnya tidak diketahui memiliki DM

Guideline ini merupakan proyek dari kelompok kerja bidang penyakit reproduktif yang berkolaborasi dengan ahli endokrin di Indonesia khusus untuk membahas diabetes dalam kehamilan. Guideline ini untuk mengembangkan praktik klinik berupa skrining, diagnosis dan tatalaksan.

SELENGKAPNYA >

Read 158 times Last modified on Thursday, 25 April 2019 03:38
Rate this item
(0 votes)

Kantor

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK)
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada

Gd. IKM Baru Lt. 2, Sayap Utara
Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp: (+62274) 549425 | Email: unitpublikasi@gmail.com

Website Terkait

mrsmpkkmrsbencanamjkmjkmjkdeskes rural  aids2