Illustrasi Illustrasi Image: Merdeka.com
27 March

Jurnal: Penyimpangan Tumbuh Kembang Pada Anak Dari Orang Tua Bekerja

Written by 

Anak merupakan aset berharga suatu bangsa. Kualitas anak yang baik dapat dicapai dengan memastikan bahwa proses tumbuh kembang anak juga baik. Menurut Kemenkes RI (2010) masa anak - anak merupakan masa keemasan, jendela kesempatan dan masa kritis bagi perkembangan otak. Namun pertumbuhan dan perkembangan otak yang optimal membutuhkan lingkungan yang dapat menstimulasi, nutrisi yang cukup dan interaksi sosial yang diberikan dengan penuh perhatian (UNICEF, 2013)

Kemenkes melaporkan DKI Jakarta sebanyak 38,6% anak mengalami delayed development dan 24,6% mengalami global delayed development serta mengalami penyimpangan pertumbuhan. Beberapa faktor dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak termasuk pola asuh. Pola asuh merupakan seluruh perlakuan oleh orang tua yang diterapkan pada anak. Interaksi orang tua dengan anak dipengaruhi waktu kebersamaan keduanya. Tren orang tua bekerja di DKI Jakarta meningkat. Kesibukan orang tua bekerja mempengaruhi pola asuh sehingga berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan anak.

Penelitian dengan metode potong lintang ini mengambil data dari orang tua bekerja dan tumbuh kembang anak pada satu waktu. Penelitian dilakukan di Kramat Jati, Jakarta Timur. Sampel diambil secara stratified random sampling. Pengambilan data diambil secara door-to-door dengan kriteria inklusi salah satu atau kedua orang tua bekerja dan memiliki anak usia 0-72 bulan untuk mendapatkan responden penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner dan skrining tumbuh kembang.

Hasil penelitian antara lain 77% anak pertumbuhannya baik dan 56,2% perkembangannya sesuai. Sebanyak 23% anak ditemukan memiliki minimal satu hasil pengukuran indikator pertumbuhan yang tidak normal dan sebanyak 4,1% anak dicurigai kemungkinan terjadi penyimpangan perkembangan. Selain itu, hasil analisis data menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara pola asuh dengan pertumbuhan (p= 1,000, α= 0,05), pola asuh dan perkembangan (p= 1,000, α= 0,05), status orang tua bekerja dan pertumbuhan (p= 0,362, α= 0,05 ), status orang tua bekerja dan perkembangan (p= 0,901, α= 0,05), waktu orang tua bekerja dan pertumbuhan (p= 0,497, α= 0,05), waktu orang tua bekerja dan perkembangan (p= 1,000, α= 0,05). Orangtua yang bekerja bukanlah faktor penghambat dalam tumbuh kembang anak


SELENGKAPNYA

Read 114 times Last modified on Wednesday, 27 March 2019 07:31
Rate this item
(0 votes)

Kantor

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK)
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada

Gd. IKM Baru Lt. 2, Sayap Utara
Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp: (+62274) 549425 | Email: unitpublikasi@gmail.com

Website Terkait

mrsmpkkmrsbencanamjkmjkmjkdeskes rural  aids2