04 March

Jurnal: Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Dasar dengan Kelengkapan Imunisasi Dasar Bayi di Wilayah Kerja Puskesmas Bendo Kabupaten Magetan

Written by 

Imunisasi merupakan suatu strategi efektif dan efisien dalam meningkatkan derajat kesehatan nasional. Bayi  yang tidak mendapatkan imunisasi lengkap karena faktor informasi mengakibatkan pengetahuan ibu tentang imunisasi kurang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu dengan kelengkapan imunisasi dasar bayi di wilayah kerja Puskesmas Bendo Kabupaten Magetan.

Kesehatan bayi dan anak merupakan hal penting karena mereka adalah generasi penerus bangsa. Salah satu upaya untuk menjadikan generasi penerus bangsa sehat yaitu mengurangi tingkat mortalitas dan morbiditas penyakit pada anak. Salah satu upaya tersebut antara lain pemberian imunisasi. Menurut dinas kesehatan Jawa Timur pada 2012, masih tinggi angka kejadian penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi meliputi campak 1,69%, difteri 85,65%, pertussis 0,38% dan hepatitis 0,19%. Cakupan desa Universal Child Immunization (UCI) di kabupaten Magetan sebesar 88,51%, masih di bawah target yaitu 95%. Beberapa alasan bayi tidak mendapatkan imunisasi adalah alasan informasi berupa kurangnya pengetahuan ibu tentang kebutuhan, kelengkapan dan jadwal imunisasi, ketakutan akan imunisasi dan adanya persepsi salah yang ada di masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa pengetahuan berperan penting terhadap kelengkapan imunisasi pada bayi.

Desain penelitian ini adalah penelitian observasi (non-eksperimen) analitik dengan menggunakan pendekatan cross-sectional yang menjelaskan hubungan antara dua variabel. Penelitian dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Bendo Kabupaten Magetan yang dilakukan pada Oktober dan November 2015 dengan populasi ibu yang memiliki anak usia 9-12 bulan beserta anaknya yang datang di posyandu Puskesmas Bendo Kabupaten Magetan.

Hasil: Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 49,2% bayi mempunyai status imunisasi lengkap dengan penetahuan ibu yang baik. Sedangkan 30,8% bayi mempunyai status imunisasi yang tidak lengkap dengan pengetahuan ibu kurang baik. Hasil uji statistik menggunakan analisis Chi-square diketahui nilai p<0.001 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu tentang imunisasi dasar dengan kelengkapan imunisasi dasar bayi di wilayah kerja Puskesmas Bendo Kabupaten Magetan, artinya semakin baik tingkat pengetahuan ibu tentang imunisasi dasar maka ibu akan memberikan imunisasi secara lengkap pada bayinya.

Selengkapnya

Read 90 times Last modified on Monday, 04 March 2019 08:32
Rate this item
(0 votes)

Kantor

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK)
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada

Gd. IKM Baru Lt. 2, Sayap Utara
Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp: (+62274) 549425 | Email: unitpublikasi@gmail.com

Website Terkait

mrsmpkkmrsbencanamjkmjkmjkdeskes rural  aids2