04 February

Pengembangan Model Integrasi Pemrograman, Perencanaan, dan Penganggaran Kegiatan Kesehatan Ibu dan Keluarga Berencana Berbasis Hak di Tingkat Kabupaten Featured

Written by 

Indonesia merupakan salah satu negara yang masih memisahkan urusan kesehatan dengan keluarga berencana. Akibatnya, pemrograman, perencanaan, dan penganggaran kegiatannya menjadi terpisah sehingga kurang efektif dan efisien. Hal tersebut diperparah dengan keterbatasan kapasitas pengelola program dalam menyusun perencanaan dan penganggaran berbasis bukti. Upaya untuk meningkatkan kualitas dan integrasi perencanaan dan penganggaran Kesehatan Ibu dan KB Berbasis Hak menjadi alternatif solusi.

PKMK FK UGM telah melakukan pilot project di Kabupaten Lahat, Aceh Barat, dan Malang untuk mendapatkan model perencanaan dan penganggaran program Kesehatan Ibu – KB Berbasis Hak yang terintegrasi di 3 kabupaten tersebut. Model integrasi tersebut mengacu pada 2 dokumen utama, yaitu Rencana Aksi Nasional untuk Kesehatan Ibu (2016-2030), dan Strategi Keluarga Berencana Berbasis Hak (2016-2020).

Hasil yang didapatkan secara keseluruhan, baik Proses maupun Output yang ditargetkan dalam kegiatan intervensi 6 bulan pertama (Januari – Juni 2018), belum mencapai 100%. Meskipun demikian, beberapa target bisa tercapai yaitu tersusunnya Rencana Kerja Tim Daerah, model awal Integrasi Kesehatan Ibu – KB Berbasis Hak, dan sinkronisasi Renja/RKA masing-masing perangkat daerah dengan RAN Kesehatan Ibu dan RFP.

Integrasi dalam Pemrograman, Perencanaan, dan Penganggaran Kegiatan Kesehatan Ibu – KB Berbasis Hak berhasil dilakukan dengan menghilangkan ego sektoral dengan menjadikan penurunan kematian ibu sebagai tujuan akhir bersama, serta menjadikannya sebagai tanggung jawab kepala daerah melalui rencana penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD). Adapun rekomendasi dalam pelaksanaan pilot tersebut yakni agar upaya integrasi perencanaan dan penganggaran Kesehatan Ibu – KB Berbasis Hak di tiga kabupaten terpilih tersebut perlu ditindaklanjuti hingga tahap implementasinya. Hal ini penting agar bisa diperoleh best practices secara komprehensif untuk diacu daerah lainnya.

Selengkapnya >

Read 309 times Last modified on Monday, 04 February 2019 01:41
Rate this item
(0 votes)

Kantor

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK)
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada

Gd. IKM Baru Lt. 2, Sayap Utara
Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp: (+62274) 549425 | Email: unitpublikasi@gmail.com

Website Terkait

mrsmpkkmrsbencanamjkmjkmjkdeskes rural  aids2