Delegasi APPI saat bertemu dengan Bupati Yuni Sukowati. Delegasi APPI saat bertemu dengan Bupati Yuni Sukowati. (Foto : Said Masykuri)
13 December

Angka Kematian Ibu Berhasil Ditekan

Written by 

SRAGEN - Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI) mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen yang terus berupaya menurunkan angka kematian ibu (AKI) melahirkan. Namun keberhasilan menekan AKI tersebut masih perlu didorong agar kesadaran wanita akan pentingnya perawatan diri atau selfcare untuk kesehatan meningkat.

Hal itu dikemukan Ketua Umum APPI, Dr Ir Hj Giwo Rubianto Wiyogo saat bertemu dengan Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati di ruang kerja bupati, Jumat (08/12/2017). Pertemuan delegasi APPI ini dalam rangka memberikan beberapa rekomendasi kepada Pemkab Sragen agar kualitas kesehatan ibu dan anak bisa ditingkatkan.

Menurut Giwo, upaya Pemkab Sragen dalam menekan AKI sebenarnya sudah cukup bagus. Mengingat AKI pada 2016 yang mencapai 17 kasus, bisa ditekan menjadi hanya 10 kasus.

"Tapi itu saja masih belum cukup. Kami beberapa waktu lalu melakukan penelitian di Sragen dan ternyata tingkat kesadaran akan kesehatan di kalangan ibu masih sangat rendah. Hal inilah yang menjadi concern kami akan kesadaran selfcare di kalangan ibu meningkat," ujarnya.

Salah satu perilaku selfcare yang perlu diupayakan adalah bagaimana menanamkan pada ibu-ibu tentang pentingnya merawat kehamilan. Artinya, sejak mengandung, ibu-ibu harus menyadari bahwa anak yang dikandungnya harus diberikan gizi yang baik.

"Angka kelahiran bayi dengan berat badan minim di Sragen juga masih tinggi. Tentunya diperlukan komitmen bersama baik Pemkab maupun masyarakat agar kesehatan ibu dana anak lebih baik," tandasnya.

Giwo berjanji akan terus melakukan pendampingan di Kabupaten Sragen dalam meningkatkan kesadaran pentingnya kesehatan di kalangan ibu. Tentunya dengan menggandeng Pemkab Sragen dalam memberikan pendampingan tersebut.

"Kami berterimaksih Ibu Bupati mengizinkan kami melakukan pendampingan kesehatan di Sragen. Nanti programnya akan disinergikan dengan Dinas Kesehatan (Dinkes)," tambahnya.

Bupati Yuni Sukowati menyambut baik upaya yang dilakukan APPI dalam membantu warga Sragen. Selama ini pemkab sudah berupaya maksimal untuk menurunkan AKI dengan program nginceng wong meteng. Artinya dimana ada ibu hamil, semua warga baik bidan maupun perangkat desa setempat harus ikut mengawasi dan mendampingi.

"Sehingga kalau ada apa-apa dengan ibu hamil bisa langsung ditangani. Terbukti program ini bisa menurunkan AKI secara signifikan," tuturnya.


 -- http://krjogja.com --

Read 422 times
Rate this item
(0 votes)

Kantor

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK)
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK)
Universitas Gadjah Mada

Gd. IKM Baru Lt. 2, Sayap Utara
Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp: (+62274) 549425

Email: unitpublikasi@gmail.com

Dies MMR & PKMK