Ilustrasi: Ibu Hamil Ilustrasi: Ibu Hamil Foto: Google
27 July

Mengungkap Kaitan Mistik Gerhana Bulan Total dan Ibu Hamil

Written by 

Jakarta - Gerhana bulan total akan terjadi pada 28 Juli dan seluruh wilayah Indonesia dapat melihat fenomena ini. Mistik sering dikaitkan dengan gerhana bulan total dan ibu hamil.

Ini dia beberapa mistik yang mengaitkan gerhana bulan total dengan ibu hamil:

  1. Seorang ibu hamil sebaiknya tidak pergi keluar saat gerhana bulan jika tidak ingin bayinya lahir cacat.
  2. Seorang ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan pisau untuk memotong apapun selama gerhana jika tidak ingin anaknya lahir dengan bibir sumbing.
  3. Seorang ibu hamil yang menyentuh perutnya selama gerhana bulan akan melahirkan bayi dengan tanda lahir.

Hal itu terdengar aneh. Namun di India, kepercayaan tentang mistik saat gerhana kental terasa. Bahkan ibu hamil sebisa mungkin mencoba untuk tidak melahirkan pada saat gerhana karena dianggap membawa kesialan.

Sebenarnya sudah ada gerakan di kalangan profesional medis untuk melenyapkan keyakinan mistik ini. Ya, dalam beberapa kasus keinginan untuk menunda atau sebaliknya buru-buru melahirkan untuk menghindari gerhana dapat berbahaya bagi ibu dan bayi.

Kecacatan pada bayi umumnya bisa dipicu oleh tiga hal. Demikian disampaikan Menteri Kesehatan RI Profesor Dr dr Nila Moeloek, SpM(K). Pertama genetik, kedua asupan yang buruk, dan ketiga karena pencemaran lingkungan. Untuk pencemaran lingkungan hal yang perlu diwaspadai ibu hamil adalah paparan asap rokok dan pestisida.

Sedangkan bibir sumbing merupakan cacat bawaan lahir yang proses terjadinya beberapa minggu setelah pembuahan. Dr drg Abdul Latief SpBM(K), dikutip dari detikHealth mengatakan, faktor penyebab bibir sumbing antara lain genetik dan lingkungan. Misalnya saja, ibu hamil mengalami demam tinggi tapi tidak segera ditangani.

Sementara soal tanda lahir, dr Radityo Anugrah SpKK dari Bamed Skin Care, menjelaskan penyebab munculnya tanda lahir, sebagian besar karena genetik. dr Radit bilang munculnya tanda lahir tidak dipengaruhi proses kehamilan si ibu.


-- https://www.haibunda.com/ --

Read 241 times
Rate this item
(0 votes)

Kantor

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK)
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK)
Universitas Gadjah Mada

Gd. IKM Baru Lt. 2, Sayap Utara
Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp: (+62274) 549425

Email: unitpublikasi@gmail.com

Dies MMR & PKMK