08 March

Angka Kematian Ibu dan Anak Meningkat

Written by 

Ambon,- Meningkatnya angka kematian ibu, bayi dan anak menjadi perhatian serius serta tanggungjawab pemerintah. Dalam Undang-Undang (UU) Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak dan UU Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan, menegaskan bahwa seorang anak berhak untuk hidup, tumbuh dan berkembang secara optimal, terhindar dari kekerasan dan diskriminasi. Selain itu, UU perlindungan anak juga mengamanatkan pemerintah, masyarakat, keluarga dan orang tua wajib berkewajiban dan bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan perlindungan anak.

"Untuk itu pemerintah wajib menyediakan fasilitas dan menyelenggarakan upaya bagi anak, agar setiap anak memperolah derajat kesehatan yang optimal sejak dalam kandungan," kata Asisten III Pemerintah Kota Ambon, Romeo Soplanit, Rabu, (7/3).

Dia mengungkapkan, masalah kesehatan ibu, bayi dan anak sangat kompleks, selama ini pelayanan kesehatan yang dilakukan lebih terfokus pada upaya agar bayi dapat lahir dengan selamat dan kelangsungan hidup anak (child survival), tetapi belum terintegrasi secara penuh untuk mencapai tumbuh kembang anak secara optimal.

“Dengan adanya kegiatan pelayanan dan orientasi kesehatan ibu, bayi, dan anak ini dapat mendorong timbulnya kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan merawat kesehatan dengan baik,” tegasnya.


-- https://kumparan.com/ --

Read 659 times
Rate this item
(0 votes)

Kantor

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK)
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK)
Universitas Gadjah Mada

Gd. IKM Baru Lt. 2, Sayap Utara
Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp: (+62274) 549425

Email: unitpublikasi@gmail.com

Dies MMR & PKMK