PURWOREJO - Organisasi PKK Purworejo menggencarkan gerakan sayang ibu dan bayi (GSIB). Kali ini melalui penyuluhan oleh Pokja IV di aula PKK, kemarin. Gerakan tersebut merupakan upaya percepatan penurunan angka kematian ibu, bayi, dan anak yang dilaksanakan bersama-sama oleh pemerintah dan semua elemen masyarakat. Menurut Ketua Tim Peggerak PKK Purworejo Erna Setyowati, saat ini masih ditemukan kematian Ibu melahirkan dan bayi. “Ini yang kemudian menjadi perhatian bagi kami,” kata Erna.

Beberapa tahun lalu media masa dihiasi berita heboh seputar obesitas. Ditemukan seorang anak usia sekitar 10 tahunan bernama Arya Permana yang berat badannya mencapai 192 Kg. Dengan kondisi berat badan sangat berlebih itu, pergerakan tubuh warga Desa Cipurwasari Karawang itu sangat terbatas. Ia hanya mampu bergerak 10 langkah, sehingga tidak bisa beraktivitas normal seperti anak-anak seusianya.

Umat Muslim wajib menjalankan ibadah puasa Ramadan. Namun, Islam meringankan kewajiban ini bagi beberapa individu yang mengalami kondisi tertentu seperti misalnya ibu hamil dan menyusui, orang sakit, lansia, orang yang tengah melakukan perjalanan jauh.

Jika individu tersebut masih mampu berpuasa, mereka disarankan untuk tetap menjalankannya, kecuali wanita yang tengah menstruasi. Diharamkan bagi wanita yang tengah berhalangan untuk berpuasa. Wanita yang berhalangan, bisa kembali menjalankan puasa Ramadan setelah menstruasi usai dan bersuci (mandi wajib).

Kantor

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK)
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK)
Universitas Gadjah Mada

Gd. IKM Baru Lt. 2, Sayap Utara
Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp: (+62274) 549425

Email: unitpublikasi@gmail.com

Dies MMR & PKMK