Kesehatan Ibu & Anak

Kesehatan Ibu & Anak

Jakarta - Angka anak yang melakukan imunisasi di Aceh masih terendah di Indonesia. Berdasarkan data terakhir per 10 September 2018 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, baru sekitar 4.94 persen anak atau sejumlah 76.461 anak yang melaksanakan vaksinasi MR di Aceh.

Menambah peliknya urusan vaksin MR, Aceh kini juga tengah melakukan penundaan terhadap vaksin MR yang menggunakan vaksin buatan Serum Institute of India (SII) belum memakai bahan halal. Ini tidak membuat Majelis Ulama Indonesia (MUI) diam, Ketua Umum MUI, Ma'ruf Amin, menyebutkan pihaknya akan berupaya sebisa mungkin membuka dialog dengan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh mengenai vaksin MR.

"Karena Aceh punya undang-undang otonomi dia pakai nama MPU, nanti kita akan ajak diskusi alasan menolak apa, kenapa menolak? Kalau bisa komisi fatwa akan kita kirim ke Aceh untuk berdiskusi membahas imunisasi dan kebolehan menggunakan vaksin MR, saya yakin enggak lama lagi akan selesai," kata KH Ma'ruf Amin.

Setelah mendengar paparan dari beberapa ahli tentang kedaruratan vaksin MR untuk masyarakat, maka MUI pun menekankan siap mendukung pemerintah dalam program imunisasi MR se-Indonesia.

"Kami sangat prihatin terhadap pencapaian imunisasi vaksin MR yang menurut dilaporkan baru mencapai 49 persen, karena itu menurut saya harus ada upaya maksimal melibatkan semua pihak, kami MUI sudah mengeluarkan dua fatwa, kami sekarang siap ikut terjun menyukseskan imunisasi rubella," tegasnya.


sumber: https://health.detik.com/

Jakarta - Kalau selama ini rokok sering dilihat sebagai penyebab berbagai penyakit, para peneliti dari Universitas Indonesia melihat aspek lain. Siapa sangka kalau produk tembakau satu ini ternyata juga secara tidak langsung bisa berkontribusi terhadap tinggi rata-rata anak Indonesia.

Teguh Dartanto dari Pusat Kajian Jaminan Sosial Universitas Indonesia (PKJS UI) mengatakan bahwa perilaku konsumsi rokok orang tua akan memengaruhi kualitas makanan anak-anaknya. Hal ini berlaku terutama pada keluarga kelas ekonomi menengah ke bawah di mana anggaran belanja rumah tangganya terbatas.


Diselenggarakan oleh
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada
Bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI

Kamis - Sabtu, 25 - 27 Oktober 2018 

Jakarta - Mayoritas pengidap penyakit diabetes yang kita ketahui adalah orang yang telah berusia remaja, dewasa ataupun lanjut usia. Namun apa jadinya bila seseorang anak kecil yang harus mengalami penyakit tersebut?

Jakarta - Gempa dengan kekuatan 7.0 SR yang terjadi di Nusa Tenggara Barat (6/8) secara otomatis bisa menimbulkan trauma bagi masyarakat NTB. Dibandingkan orang dewasa, anak-anak lah yang lebih rentan terkena trauma pasca terjadinya bencana alam.

Page 1 of 31

Kantor

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK)
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada

Gd. IKM Baru Lt. 2, Sayap Utara
Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp: (+62274) 549425 | Email: unitpublikasi@gmail.com

Website Terkait

mrsmpkkmrsbencanamjkmjkmjkdeskes rural  aids2