07 September

Manual Rujukan Kehamilan dan Persalinan

Written by 

Manual sistem rujukan ini merupakan dokumen dasar yang sebaiknya dikembangkan oleh kelompok kerja rujukan di sebuah kabupaten/kota. Tujuan manual ini adalah untuk menjalankan sistem rujukan pelayanan ibu dan bayi dengan dasar petunjuk teknis dari Jampersal 2012.

Manual dasar ini sebaiknya dikembangkan oleh tim rujukan di Kabupaten yang komposisinya adalah sebagai berikut: Ketua; Wakil Ketua; Penanggung Jawab Prosedur Klinik; Anggota yang dapat terdiri dari Wakil Kepala Puskesmas; Wakil Dokter Puskesmas; Wakil Bidan RS; Wakil Bidan Desa; Wakil Perawat; Dokter-dokter wakil RS Swasta dan Bidan-bidan swasta.

Sistem Rujukan ini membutuhkan minimal 1 RS PONEK 24 jam di setiap Kabupaten/Kota. Dalam rangka rujukan regional, beberapa Kabupaten/Kota dapat melakukan koordinasi penyusunan manual dengan fasilitasi Dinas Kesehatan Propinsi.

Pada draft manual ini terdapat Dua Versi yakni pada Provinsi Yogyakarta serta pada Provinsi NTT hal ini dibedakan karena provinsi NTT terdiri dari ratusan pulau-pulau dimana persebaran penduduk tidak merata, dan memiliki pelayanan kesehatan terbatas (sarana, SDM, peralatan) sehingga pada draft NTT ini akan dibagi menjadi dua kelompok, yakni pada kelompok daratan dan kelompok kepulauan, berbeda halnya dengan Yogyakarta yang sistem pelayanan kesehatan, transportasi dan jumlah SDM yang sudah cukup memadai.



Penanggung Jawab :

  1. dr. Likke Prawidya Putri , Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  2. Armiatin, MPH , Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Read 110 times Last modified on Monday, 06 November 2017 06:52
Rate this item
(0 votes)
Login to post comments

Kantor

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK)
Fakultas Kedokteran
Universitas Gadjah Mada


Gd. IKM Baru Lt. 2, Sayap Utara
Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp: (+62274) 549425

Email: unitpublikasi@gmail.com

Website Terkait

mrsmpkkmrsbencanamjkmjkmjkdeskes rural  aids2