06 November

Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga dan Germas

Written by 

Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga merupakan program yang diselenggarakan oleh KEMENKES RI untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang berperilaku sehat, hidup dalam lingkungan yang sehat, serta sadar akan pentingnya kesehatan. Program ini diharapkan juga mampu menyiasati permasalahan akses ke pelayanan kesehatan yang masih sulit dijangkau di beberapa tempat. Program ini merupakan program lanjutan dari adanya program kunjungan Puskesmas yang telah dilaksanakan sebelumnya. Bertepatan dengan hari kesehatan nasional ke-53 pada 12 November 2017 ini, pemerintah juga meluncurkan gerakan masyarakat hidup  sehat (GERMAS) untuk dapat mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat dengan adanya kerjasama dari berbagai sektor.

Keluarga merupakan komponen penting dalam upaya pencegahan  penyakit selain peran dari kualitas lingkungan dan sarana serta prasarana kesehatan. Keluarga juga merupakan tempat pertama kali kehidupan sosial dan pendidikan didapatkan oleh anak, termasuk pendidikan terkait kesehatan. Perilaku hidup sehat yang didapatkan sejak dini akan memicu kesadaran terhadap pentingnya kesehatan baik di keluarga maupun masyarakat. Mengingat betapa pentingnya peran keluarga dalam mewujudkan masyarakat yang sehat, Pemerintah membuat Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Program ini merupakan program lanjutan dari kegiatan keperawatan kesehatan masyarakat (Perkesmas) yang dilakukan oleh puskesms melalui kunjungan ke rumah-rumah.

Program ini diawali dengan pendataan seluruh keluarga menggunakan formulir profil kesehatan keluarga (PROKESGA) dan paket Informasi kesehatan keluarga (PINKESGA). Data tersebut selanjutnya digunakan untuk penyusunan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di tingkat puskesmas. Dalam pelaksanaannya keluarga akan dibina oleh kader atau pertugas kesehatan dari puskesmas melalui penyuluhan dan kegiatan lainnya.

Berikut adalah indikator capaian keluarga yang diharapkan dari program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga:

indonesia sehat artikel

Selain program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga, pemerintah juga mencanangkan program lain untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Program ini dilaksanakan dengan melakukan kerjasama lintas sektor dan lintas program. GERMAS merupakan tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat guna meningkatkan kualitas hidup. Kegiatan ini dilakukan dengan cara:

  1. Melakukan aktivitas fisik
  2. Makan sayur dan buah
  3. Cek kesehatan secara rutin
  4. Tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol
  5. Membersihkan lingkungan tempat tinggal
  6. Menggunakan jamban

GERMAS dilakukan oleh setiap individu dalam keluarga di lingkungan masyarakat dengan cara melakukan  praktek pola hidup sehari-hari. Dalam program ini, pemerintah berperan sebagai penyedia layanan/ sarana dan prasarana kesehatan sekaligus menggerakkan institusi dan organisasi masyarakat untuk berperan aktif dalam menciptakan masyarakat yang sehat.

Selain kedua program tersebut, terdapat program pendukung lain yang telah dan sedang dijalankan pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, antara lain: pelaksanaan imunisasi Measles dan Rubella (MR), kampanye konsumsi makan ikan, pusat komando nasional layanan kegawatdaruratan medis, kampanye minum jamu nasional, Riskesdas, dan pelatihan keluarga sehat

Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga dan GERMAS merupakan upaya pemerintah dalam membangun kemandirian masyarakat dalam hidup sehat. Sekaligus sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Harapannya masyarakat yang produktif dan sadar akan kesehatan serta dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional akan tercipta.

SUMBER: Kemenkes RI, Panduan Hari Kesehatan Nasional ke-53, 2017

Read 297 times Last modified on Monday, 06 November 2017 04:40
Rate this item
(0 votes)
Login to post comments

Kantor

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK)
Fakultas Kedokteran
Universitas Gadjah Mada


Gd. IKM Baru Lt. 2, Sayap Utara
Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp: (+62274) 549425

Email: unitpublikasi@gmail.com

Website Terkait

mrsmpkkmrsbencanamjkmjkmjkdeskes rural  aids2