07 January

Reliability and Validity of Aberrant Behavior Checklist-Community, Thai Version Featured

Written by 

Jurnal Open Access:

Tujuan penelitian ini untuk menciptakan terjemahan lintas budaya dari Komunitas Daftar Perilaku Aberrant (ABC-C) ke dalam bahasa Thailand karena tidak tersediamya instrumen yang memantau masalah perilaku pada pasien yang mengalami keterlambatan perkembangan di Thailand. Setelah terjemahan maju dan mundur, versi prefinal ABC-C versi Thailand diuji dan dievaluasi oleh sepuluh petugas kesehatan.

Versi terakhir digunakan untuk menghitung reliabilitas dan validitas dengan 40, 2-18 tahun pasien yang mengalami keterlambatan perkembangan oleh dua penilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa versi ABC-C Thailand memiliki konsistensi internal yang tinggi (Î ± = 0,922), inter-rater yang tinggi dan reliabilitas tes-tes ulang [ICC = 0,90 (95% CI: 0,81-0,95) dan ICC = 0,92 (95%) CI: masing-masing 0,86-0,96).

Ini juga memiliki korelasi positif yang tinggi dengan The Clinical Global Impression-Severity Scale (CGI-S), (r = 0,87; p <0,01) dengan evaluasi validitas konkuren. Versi ABC-C Thailand memiliki sifat psikometrik yang baik dan dapat digunakan untuk mengevaluasi dan memantau masalah perilaku pasien yang mengalami keterlambatan perkembangan di bidang klinis dan penelitian.

Selengkapnya 

Read 41 times
Rate this item
(0 votes)

Kantor

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK)
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada

Gd. IKM Baru Lt. 2, Sayap Utara
Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp: (+62274) 549425 | Email: unitpublikasi@gmail.com

Website Terkait

mrsmpkkmrsbencanamjkmjkmjkdeskes rural  aids2